air panas
Foto: Juice Basin

Tidak Selalu Menyehatkan, Inilah 5 Bahaya Minum Air Panas

Seperti kita tahu, air putih sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, peneliti menyebutkan bahwa konsumsi air putih tidak boleh dilakukan secara berlebihan.

Dikutip dari laman stylecraze.com, mengonsumsi air putih secara berlebih justru bisa memicu berbagai efek samping negatif bagi tubuh. Apalagi jika air putih yang dikonsumsi dalam suhu yang panas atau hangat. Lalu apa saja efek sampingnya? Simak yang berikut ini sebagaimana mengutip dari Vemale.com.

1. Memicu Mati Rasa
Tak hanya mulut, lidah dan bibir yang terluka, lidah pun akan mati rasa saat kita minum air yang masih panas. Di awal-awal, ini akan terasa biasa saja dan indera pengecap bisa kembali normal dalam beberapa waktu ke depan. Tapi, jika kebiasaan minum air panas ini dilakukan terlalu sering, sangat mungkin bagi lidah untuk mengalami mati rasa permanen.

2. Merusak Lapisan Email Gigi
Minum air panas sangat mungkin meningkatkan risiko rusaknya lapisan email gigi. Jika lapisan email gigi rusak, ini bisa menjadikan gigi lebih rentan berlubang, keropos dan rapuh.

3. Perut Kembung
Perut bisa kembung, mual serta tidak nyaman saat kita minum air panas. Suhu air yang terlalu tinggi dan masuk ke saluran pencernaan, ini bisa meningkatkan asam lambung hingga membuat perut kembung.

4. Melukai Mulut & Lidah
Air yang masih terlalu panas dan diminum, ini bisa melukai lidah, mulut atau bibir. Tidak jarang, minum air hangat membuat indera pengecap kita mengalami penurunan kemampuan. Agar air hangat tetap menyehatkan dan tidak melukai, pastikan agar membiarkan air benar-benar hangat mendekati dingin sebelum diminum.

5. Berisiko Membuat Pembuluh Darah Pecah
Konsumsi air hangat yang berlebih lebih dari 8 gelas perhari, ini akan mengganggu sitem peredaran darah dalam tubuh. Adanya cairan yang berlebih di tubuh, bisa meningkatkan risiko pecahnya pembuluh darah.

Itulah beberapa bahaya dari konsumsi air panas secara berlebihan. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *