Inspirasi dan Data

Tidak Tertolak! Ini Dia Penjelasan Doa di Antara Adzan dan Iqamah

0

Berdoa adalah tanda bahwa seorang hamba berserah kepada Allah Subhanallahu Wata’ala. Dengan doa, manusia mengakui bahwa dia tidak bisa melakukan apa-apa tanpa peran dari Sang Pencipta.

Meskipun berdoa bisa dilakukan setiap waktu, ternyata ada beberapa waktu istimewa bagi manusia yang ingin memanjatkan doa agar segera Allah kabulkan. Salah satunya adalah berdoa pada saat jeda antara adzan dan iqamah. Ini merupakan salah satu waktu yang dianjurkan untuk berdoa, berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam:

الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة

“Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak,” (HR. Tirmidzi, 212, ia berkata: “Hasan Shahih”).

Dengan demikian jelaslah bahwa amalan yang dianjurkan antara adzan dan iqamah adalah berdoa. Maka, ketika orang-orang berdoa, dianjurkan agar tidak mengganggu satu sama lain. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

لا إن كلكم مناج ربه فلا يؤذين بعضكم بعضا ولا يرفع بعضكم على بعض في القراءة أو قال في الصلاة

“Ketahuilah, kalian semua sedang bermunajat kepada Allah, maka janganlah saling mengganggu satu sama lain. Janganlah kalian mengeraskan suara dalam membaca Al Qur’an,’ atau beliau berkata, ‘Dalam shalat’,” (HR. Abu Daud no.1332, Ahmad, 430, dishahihkan oleh Ibnu Hajar Al Asqalani di Nata-ijul Afkar, 2/16).

Berdoa di antara adzan dan iqomah ini adalah kesempatan yang bagus untuk memohon kepada Allah segala sesuatu yang diinginkan. Sungguh merugi jika kita melewatkannya. []

Comments
Loading...