Unik, Informatif , Inspiratif

Inilah Cara Tidur Berkualitas ala Rasulullah

0

Tidur yang berkualitas seolah menjadi keharusan bagi semua orang, agar dapat berdampak positif besok hari. Semuanya pasti mengharap agar bangun tidur kelak, semangat yang didapat, keadaan kamarpun menjadi pengaruh kualitas tidur.

BACA JUGA : Begini Cara Rasulullah Minum

Mengenai tidur yang baik, dalam Islam mencangkup kebersihan kamar, posisi tempat tidur, posisi tubuh saat tidur, dan lain sebagainya.

Nabi Muhammad SAW sudah mencontohkan bagaimana tidur yang baik termasuk menata kamar.

Baca Juga: Apa Ini Ya Rasulullah?

Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan ‘bismillah’, karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR. Al Bukhari : 6320, Muslim : 2714, At-Tirmidzi : 3401 dan Abu Dawud : 5050).

Dari hadits tersebut dijelaskan ketika hendak tidur kebersihan tempat tidur adalah yang utama. Baik membersihkan kotoran debu dan melindungi diri dari yang gaib, maka diwajibkan membaca ‘bismillah’. Selanjutnya Rasulullah SAW mewajibkan tidur dalam keadaan gelap dan menutup pintu.

“Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana makanan dan minuman.”(HR Bukhari-Muslim).

Dalam hadits lain, Nabi SAW memerintahkan tidur ke arah kiblat, menghadap ke kanan, dan posisi telungkup. Sebab, tidur adalah mati sementara untuk mengistirahatkan tubuh.

“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhu untuk salat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA : Inilah Sahabat Rasulullah dengan Ingatan Luar Biasa

Dalam riwayat lain dijelaskan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila tidur beliau meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban). []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline