Unik, Informatif , Inspiratif

Tidur Terlalu Lama Bisa Sebabkan 4 Penyakit Serius Ini

0

Tidur merupakan suatu kebutuhan pasti bagi tubuh yang telah lelah beraktifitas di siang hari. Tidak tidur mengakibatkan lelah yang akan berdampak buruk pada kesehatan.

Namun terkadang ada yang memberikan porsi tidur yang terlalu lama bagi tubuhnya. Hal ini tidak baik bagi kesehatan, bahkan bisa menimbulkan penyakit yang serius.

Inilah yang akan terjadi pada tubuh jika tidur berlebihan yang dilansir laman Top10remedies.

1. Meningkatkan risiko diabetes
Sebuah studi tahun 2009 yang dipublikasikan di Sleep Medicine menemukan bahwa orang yang tidur terlalu banyak atau tidak cukup berisiko lebih besar terkena diabetes tipe 2.

Resikonya 2½ kali lebih tinggi untuk orang yang tidur kurang dari 7 jam atau lebih dari 8 jam semalam.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam laporan Diabetes Care bahwa orang yang mendapat lebih atau kurang dari antara 6,5 dan 7,4 jam tidur per malam berisiko tinggi terhadap kadar glukosa darah tinggi.

2. Memicu depresi
Dari penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Psychiatry mengatakan bahwa durasi tidur yang terlalu singkat atau terlalu panjang dapat memicu gejala depresi dan kecemasan kronis.

3. Picu resiko gagal jantung
Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam American Journal of Cardiology melaporkan bahwa waktu tidur yang lama meningkatkan risiko pengembangan meningkatnya massa ventrikel atau bilik kiri.

Saat bilik kiri jantung menjadi lebih tebal akibat akumulasi tidur terlalu lama, maka gagal jantung bagi yang punya kebiasaan itu meningkat.

4. Memicu obesitas
Jika tidur melebihi porsi, maka saat itu fisik tidak aktif. Sehingga tubuh sedikit membakar kalori. Alhasil, ini menyebabkan penambahan berat badan.

Sebuah penelitian tahun 2010 yang dipublikasikan di Social Science & Medicine melaporkan bahwa lebih dari 8 jam tidur dalam sehari berhubungan positif dengan risiko obesitas, diabetes, hipertensi dan penyakit kardiovaskular. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.