Unik, Informatif , Inspiratif

Tiga Cara agar Anak Tidak Ngompol

0

NGOMPOL merupakan salah satu masalah besar pada anak. Bagi beberapa anak, mungkin ia akan berhenti ngompol di usia tertentu, tetapi bagi anak lainnya, ngompol bisa saja masih terjadi hingga ia tumbuh besar.

Anak-anak usia di bawah 5 tahun, biasanya akan mengalami masa-masa ngompol saat tidur karena kandung kemihnya masih lemah untuk bisa menahan atau mengeluarkan air seni.

Oleh karena itu, diperlukan latihan buang air kecil agar anak berhenti ngompol dan tahu kapan waktunya pipis.

BACA JUGA: Agar Anak Tidak Mengompol, Hindari 4 Makanan Ini

Berikut tiga hal yang bisa dilakukan orangtua dan anak untuk membiasakan diri mengendalikan kantung kemihnya.

1. Buang air kecil sebelum tidur

Biasakan anak pipis dulu sebelum tidur, bahkan jika anak merasa tak ingin pipis. Biasakan dia untuk selalu pipis sebelum tidur.

2. Hindari minum terlalu banyak sebelum tidur

Makan dan minum yang banyak paling tidak 1-2 jam terakhir sebelum tidur. Kalaupun anak masih minum susu sebelum tidur, pastika ia minum yang cukup, tidak terlalu banyak hingga membuatnya sangat kenyang dengan air.

3. Membiasakan diri buang air kecil segera saat kebelet

Biasakan anak untuk memberi tahu lebih dulu jika ia kebelet pipis. Jika sedang dalam perjalanan, minta agar anak tidak ngompol dan menahan sebentar hingga menemukan toilet atau tiba di tujuan.

BACA JUGA: Anaknya Ngompol di Sekolah, Begini yang Dilakukan Seorang Ayah

Cara melatih ini akan membuatnya lebih cepat mengatasi ngompol sehingga ia juga tidak akan malu karena masih ngompol bahkan ketika sudah besar. []

SUMBER: FIMELA


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline