Unik, Informatif , Inspiratif

Tiga Masalah Gigi Ini Sering Terjadi pada Ibu Hamil

0 65

Hormon progesteron yang mengalami peningkatan berkali-kali lipat pada ibu hamil berpengaruh terhadap rentannya gangguan gigi dan gusi. Apalagi jika Anda sering muntah pada trimester awal kehamilan.

Asam lambung yang terdapat pada muntahan Anda cukup kuat, dan jika terjadi berkali-kali, hal ini bisa merusak enamel pada gigi. Setidaknya, ada tiga masalah gigi yang paling umum dialami oleh ibu hamil, berikut di antaranya:

BACA JUGA: Mimisan Saat Hamil, Bahaya?

1. Gigi Berlubang

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Ibu hamil yang sering mengalami muntah pada trimester pertama kehamilan, akan mengalami kerusakan pada enamel gigi akibat terkena asam lambung yang terdapat pada muntahan. Hal inilah yang akan berdampak pada gigi berlubang.

Gangguan gigi berlubang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat mengunyah, sehingga memengaruhi asupan gizi ibu hamil. Bila asupan gizi ibu terganggu, maka nutrisi bayi Anda juga ikut terpengaruh.

2. Gingivitis Gravidarum
Meningkatnya hormon progesteron menyebabkan respon tubuh dan gusi menjadi lebih sensitif terhadap plak. Ciri-ciri gingivitis gravidarum atau peradangan gusi adalah gusi terlihat bengkak dan mudah berdarah saat sikat gigi atau makan.

BACA JUGA: Bahaya Ibu Hamil yang Sering Tidur Mendengkur

3. Infeksi Mulut dan Gigi
Jika Anda sering merasakan sakit gigi saat hamil, penting untuk Anda segera mengecek kondisi ini ke dokter. Sakit gigi yang berkelanjutan bisa menjadi tanda Anda mengalami infeksi gigi. Infeksi gigi saat hamil bisa sangat berbahaya, karena kuman juga bisa masuk ke dalam janin dan membuat janin dalam kandungan melalui plasenta yang pada akhirnya bisa buat ibu jadi keguguran.

Ketiga masalah gigi tadi tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman pada ibu hamil. Tetapi juga bisa berpengaruh pada kondisi janin. Untuk itu, jagalah selalu kondisi gigi Anda dengan rajin menyikat gigi, juga segera berkumur dengan air putih tiap setelah muntah. Selain itu, Anda bisa merawatnya dengan lebih maksimal menggunakan cairan pembersih mulut, benang gigi, dan rutin ke dokter gigi. []

SUMBER: KUMPARAN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline