Mushaf Utsmaniyyah

Tiga Mushaf Era Utsmaniyah Ditemukan di Masjid Umar bin Khattab

Tiga buah mushaf Alquran yang dicetak pada masa Utsmaniyah era Sultan Abdulhamid II ditemukan di masjid Umar bin Khattab, Palestina.

Muazin Masjid Umar Bin Khattab, Said Azim, menemukan ketiga mushaf Alquran tersebut saat memeriksa mushaf-mushaf ketika masjid sedang direnovasi dua bulan lalu.

Masjid Umar Bin Khattab terletak di Kota Tayibe, salah satu kota bersejarah Palestina yang kini berada dalam wilayah kekuasaan Israel.

Para imam dan jemaah masjid tidak menyadari keberadaan ketiga mushaf Alquran tersebut selama bertahun-tahun, hingga kemudian ditemukan oleh Said Azim.

Dalam kata pengantar tertulis bahwa mushaf Alquran dicetak di Percetakan Utsmaniyah (Turki Usmani) pada tahun 1309 Hijriah atau 1887 M, yang merupakan tulisan tangan Seyyid Mustafa Nazif Efendi.

“Sampai dua bulan lalu, kami tidak mengetahui keberadaan Alquran ini. Mereka terletak di antara mushaf lainnya. Kami menyadarinya ketika masjid direnovasi,” kata Azim, seperti dilansir Anadolu Agency, Selasa (05/12/2017).

Azim mengatakan, mushaf Alquran yang kemudian dikirim ke Palestina ini sangat berarti bagi mereka, “Kami berencana untuk memamerkan Alquran ini kepada jemaah.”

Azim memperkirakan bahwa Alquran tersebut dicetak di Istanbul dan ada Alquran lain dari sana yang dikirim ke masjid lainnya di Palestina. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Obbie Mesakh, Raja Pop 80-an

Hampir semua artis yang ia orbitkan berhasil menjual lebih dari 400.000 keping CD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *