Tiga Pendaki Meninggal, Basarnas Berikan Imbauan
Foto: WJToday

Tiga Pendaki Meninggal, Basarnas Berikan Imbauan

Tiga orang pelajar asal Indramayu meninggal saat mendaki di Gunung Tampomas, Kabupaten Bandung, Ahad (4/3). Mereka meninggal dikarenakan hipotermia akibat cuaca yang tidak mendukung dan tidak membawa perlengkapan yang memadai.

“Kami mengimbau untuk masyarakat yang ingin mendaki gunung di saat musim hujan seperti ini agar lebih waspada dan memperhatikan peralatan peralatan yang dibutuhkan,” kata Humas Basarnas Jawa Barat Joshua Banjarnahor.

BACA JUGA: Kisah Pendaki yang Potong Tangannya Sendiri Demi Bertahan Hidup

Joshua mengingatkan kepada para pendaki perlengkapan yang dibawa mendaki harus memenuhi standar seperti sleeping bag, pengapian, tenda, dan peralatan lainnya.

Adapun bila ada pendaki yang mengalami hipotermia dan tidak sadarkan diri maka penanganan yang bisa dilakukan dengan membawanya ke dalam tenda.

Tujuannya menjauhkan korban dari suhu yang terlalu dingin akibat angin yang berhembus. Sebab, tenda cukup hangat ketika berada di alam bebas.

Joshua menambahkan, pendaki yang mengalami hipotermia harus segera mengganti baju basah secara perlahan. Selanjutnya, masuk ke dalam sleeping bag untuk menjaga panas suhu tubuh.

BACA JUGA: Pendaki Gunung Merbabu Dilarang Bawa Tisu Basah

Tidak hanya itu, memegang tangan atau memeluk pendaki yang mengalami hipotermia pun bisa dilakukan.

Cara lain pun bisa dicoba. Seperti menyadarkan atau memanggil pendaki yang hipotermia. Menurutnya, apabila pendaki sudah sadar maka penanganan selanjutnya bisa dilakukan. []

SUMBER: REPUBLIKA


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

tukang becak

Dipenjara, Tukang Becak Ini Dapat Donasi Rp 700 Juta Lebih

Akibat kecelakan itu, nyawa penumpang tidak tertolong dan akhirnya meninggal 15 menit setelah tiba di rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *