Unik, Informatif , Inspiratif

Tik Tok Klaim Punya 500 Juta Pengguna Aktif Bulanan

0

Aplikasi berbagi video, Tik Tok mengklaim telah memiliki 500 juta pengguna aktif bulanan (Monthly Active User/MAU). Klaim tersebut diumumkan melalui akun Weibo di Tiongkok, Selasa (16/7/2018).

BACA JUGA: Kominfo: Tik Tok Diblokir karena Negatif bagi Anak-anak

Di Tiongkok saja, Tik Tok yang populer dengan nama Douyin memiliki 300 juta pengguna aktif bulanan. Meningkatnya pengguna Tik Tok sejalan dengan meningkatnya konsumsi video pendek di Negeri Tirai Bambu itu.

Seperti dilaporkan South China Morning Post, selama setahun terakhir, konsumsi video pendek naik tiga kali lipat. Pengguna aktif bulanan aplikasi video pendek di Tiongkok pada akhir 2017 bahkan menembus angka 414 juta.

BACA JUGA: Bukan Hanya di Indonesia, Negara Ini Juga Protes Tik Tok

“Banyaknya pengguna millenial yang menggandrungi Tik Tok, menjadikannya aplikasi non-game yang paling laris diunduh di Apple App Store secara global pada kuartal pertama 2018,” kata Tik Tok, Rabu (18/7/2018).

Menurut data dari firma riset aplikasi mobile Sensor Tower, jumlah unduhan Tik Tok mencapai angka 45.8 juta. Selain di Tiongkok, pengguna Tik Tok juga banyak berasal dari negara Asia lain, seperti Korea Selatan, Jepang, Indonesia, dan Vietnam.

Tik Tok yang dikembangkan oleh ByteDance, tumbuh signifikan sejak diluncurkan pada September 2016 lalu.

Di Indonesia, Tik Tok sempat diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 3 Juli 2018 lalu. Namun, blokir itu dibuka sepekan kemudian setelah perwakilan ByteDance berjanji akan menyaring konten yang tak ramah anak.

BACA JUGA: Selamatkan Remaja dari Bahaya Aplikasi Tik Tok

Mengenai hal tersebut, di Tiongkok pun sama. Sebabnya, Tik Tok menayangkan konten iklan yang dinilai melecehkan pahlawan perang sehingga Pemerintah membekukan penayangan iklan komersial pada platform itu. []

SUMBER: SOUTH CHINA MORNING POST | KATADATA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.