Unik, Informatif , Inspiratif

Tiket Mahal, Jumlah Penumpang di Bandara Aceh Turun 30 Persen

0

Jumlah penumpang pesawat di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh, turun sebagai akibat dari kenaikan tiket sejak Januari lalu. Jumlah Penumpang turun hingga 30 persen.

Eksekutif General Manager PT Angkasa Pura II (Persero), Yos Suwagiyono, mengatakan, sejak tiga bulan terakhir penumpang penerbangan domestik mengalami penurunan yang signifikan.

Saat dikonfirmasi, Yos mengatakan: “Cukup terasa ya. Dari sisi penumpang mengalami penurunan signifikan bisa mencapai antara 15 sampai 30 persen. Jika biasanya perhari mencapai sekitar 3.500 sekarang menjadi 2.500-an penumpang setiap harinya. Itu penumpang yang pergi dan datang.”

BACA JUGA: Minat Penumpang Pesawat Turun, Ini Kata Ahlinya

Dampak dari kenaikan tiket ini, trafik penumpang yang melakukan penerbangan jalur alternatif dengan memilih transit di luar negeri seperti Malaysia meningkat hingga 40 persen. Sementara sisanya masih memilih penerbangan domestik.

Yos juga menjelaskan: “Peningkatan ini dikarenakan sekarang maskapai AirAsia sudah terbang sehari tiga kali. Terus ke Penang setiap harinya juga sudah ada.”

Tak hanya penurunan jumlah penumpang, dari sisi pengangkutan kargo juga mengalami penurunan antara 10-15 persen. Menurut Yos, hal ini disebabkan karena pengaruh kenaikan harga kargo (Surat Muatan Udara/SMU) yang ditetapkan oleh masing-masing maskapai.

BACA JUGA: Jokowi Kaget Harga Tiket Pesawat Mahal

Salah seorang pengusaha Logistik, mengharapkan adanya kepedulian pemerintah terhadap pelaku usaha kecil agar dapat menurunkan tarif kargo udara. Sehingga mereka pelaku usaha kecil bidang penjualan hasil perikanan yang menggunakan jasa kargo udara dapat melanjutkan kembali pengirimannya.

Yus menambahkan juga: “Aturan maskapai menerapkan harga kargo sangat berpengaruh. Karena biayanya yang terlalu membebankan para pelaku usaha di daerah.”

Yus mengeluhkan bahwa kenaikan tarif tiket pesawat ini sangat memberatkan bagi pelaku usaha kecil. Karena sudah tidak bisa melakukan penjualan lagi ke luar daerah. Sementara pembeli belum bisa menaikan harganya.[]

SUMBER: KUMPARAN


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.