Puncak Cartenz

Tim Polisi Wanita RI akan Mendaki Gunung Tertinggi di Indonesia

INSPIRADATA. Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian RI sudah membentuk tim untuk melakukan pendakian ke Puncak Cartenz dalam waktu dekat. Puncak Cartenz ini termasuk kedalam 7 puncak tertinggi di dunia yang terletak di Provinsi Papua. Demikian disitat dari Republika, Jumat (5/5/2017).

“Memang benar, itu atas keinginan Kapolri (Jenderal Polisi Tito Karnavian) untuk melatih jiwa kejuangan para Polwan kita dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia tahun ini,” jelas Kapolda Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar di Timika, Jumat (5/5).

Boy menjelaskan, kegiatan pendakian yang dilakukan Tim Polwan ini rencananya dilaksanakan pada awal Agustus. Disana mereka akan melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di puncak Cartenz.

“Sudah tentu kegiatan tersebut akan mendorong tumbuhnya kebanggaan dalam diri para Polwan kita. Ini juga salah satu sistem pembinaan personel kepolisian untuk melatih daya juang mereka,” jelas Boy.

Dengan ketinggiannya yang mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut, membuat puncak Cartenz hingga kini masih diselimuti salju. Gunung ini menjadi salah satu objek pariwisata andalan Provinsi Papua dalam mendongkrak kunjungan wisatawan, baik luar maupun dalam negeri.

Boy pun menuturkan, saat menjabat menjadi Kapolda Papua, Jenderal Tito Karnavian pernah melakukan pendakian ke puncak Cartenz dan turut memimpin upacara pengibaran bendera Merah Putih di puncak tertinggi di Indonesia itu.

Untuk jalur pendakian menuju Puncak Cartenz, ada beberapa jalur yang dapat dilalui oleh pendaki, diantaranya jalur Sugapa dan Ugimba di Kabupaten Intan Jaya, atau dari jalur Ilaga Kabupaten Puncak atau dari jalur tambang terbuka Grassberg PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika.

Sedangkan untuk jalur tambang terbuka Grassberg PT Freeport sementara ini belum dibuka untuk umum, karena oleh pihak PT Freeport belum diizinkan dan dianggap akan mengganggu aktivitas pertambangan.

Satu lagi jalur pendakian ke Puncak Cartenz yaitu dari selatan melewati Bandara Mulu di Kampung Tsinga, Distrik Tembagapura, hingga kini belum pernah diuji coba oleh wisatawan karena lebih menantang adrenalin. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *