Tim Remaja Muslim Ini Menangkan Kompetisi Robotika

6
-  - Tim Remaja Muslim Ini Menangkan Kompetisi Robotika -
foto: aboutislam.net

INSPIRADATA. Pada zaman teknologi modern seperti saat ini, semua orang dituntut untuk dapat menguasai teknologi. Apalagi umat Islam yang memang diperintahkan untuk sennatiasa belajar.

Kita tentu tidak boleh ketinggalan dalam hal informasi dan teknologi. Prestasi tim remaja berikut ini mungkin saja bisa memberikan inspirasi bagi kita.

lansir dari aboutislam.net, sebuah tim yang beranggotakan remaja Muslimah telah memenangkan kompetisi robotika lego Los Angeles yang pertama. Hasil yang mampu membuat perubahan pandangan masyarakat di barat mengenai wanita muslim.

“Aku tahu aku bisa mencoba untuk mengubah hal-hal secara bertahap dengan melakukan program robotika ini,” kata Zaina Siyed  pada Senin  (28/12/2016).

“Ini saatnya bagi kita untuk fokus, menyajikan diri dalam penampilan terbaik,” lanjut Zaina.

Kompetisi ini memungkinkan anak muda berusia antara 9 hingga 14 tahun untuk menempatkan diri pada posisi ilmuwan dan menerapkan konsep-konsep matematika dan ilmu pengetahuan untuk masalah dunia nyata, serta menunjukkan kerja sama tim dan pemecahan masalah.

Tim Zaina, FemSTEM, terdiri dari 8 anggota berusia 10 sampai 14 tahun. Dia telah merekrut mereka dan mengumpulkan dana melalui kampanye online untuk mencukupi kebutuhan mereka dalam lomba, termasuk membeli kaos tim, biaya pendaftaran, dan peralatan.

Zaina mengatakan bahwa timnya adalah satu-satunya tim yang beranggotakan remaja muslimah yang ikut kompetisi robotika lego di Amerika. Anggota tim FemSTEM mengatakan mereka merasa mewakili komunitas muslim dalam ajang ini.

“Jika Anda melakukan sesuatu yang buruk, orang akan mengingat Anda. Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, orang akan mengingat Anda, ” ujar Salma Rashad, anggota tim berusia 14 tahun yang yang juga seorang siswa di Diamond Bar High School.

“Ini beban bagi kami untuk memastikan kami selalu pada perilaku yang terbaik,” pungkasnya.

Sedangkan Zaina mengatakan, dia ingin dunia tahu bahwa gadis-gadis Muslim dapat menjadi kuat, cerdas, sukses berkarier, serta mendapat dukungan orang tua dan masyarakatnya.[]

(Visited 1 times, 1 visits today)
loading...
loading...