Foto: Wolipop

Tina Talisa Bantu Simulasi Debat Jokowi-Ma’ruf

Mantan finalis Puteri Indonesia 2003, sekaligus mantan pembawa acara berita Indonesia Tina Talisa dilibatkan dalam persiapan debat pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf.

Tina ikut membantu Jokowi-Ma’ruf dalam simulasi debat. Tina menceritakan, pengalaman ia ikut memberi masukan dan berdiskusi dengan Jokowi dan Ma’ruf hanya membantu Jokowi dan Ma’ruf agar terbiasa bicara saat debat pilpres.

BACA JUGA: Pengamat Politik: Debat Pilpres Harus Sertakan Solusi Konkret

“Yang kami lakukan sebetulnya lebih pada simulasi dan diskusi. Membiasakan berkomunikasi, berbicara dalam format debat yang ditetapkan KPU dengan kesepakatan masing-masing calon. Prinsipnya lebih membiasakan atau beradapatasi,” kata Tina.

Dalam pertemuan tersebut, ia dan Jokowi-Ma’ruf latihan berbicara. Misalnya, mengatur durasi agar tidak melebihi waktu yang sudah ditetapkan.

“Tapi ini kan sudah disepakati bersama mengenai durasi yang harus diberikan yaitu proporsional untuk masing-masing paslon. Jadi di antara kami membiasakan pada KH Ma’ruf adalah mengenai berbicara sesuai durasi,” lanjutnya.

Tidak hanya mengenai durasi waktu. Tina juga sempat membagikan pengalamannya soal bagaimana berbicara di depan khalayak dan disiarkan langsung di televisi.

“Beradaptasi dengan suasana berbicara di panggung yang standartnya broadcast dan penyiaran. Tentu berbeda ya kalau berbicara off air dan tidak disiarkan secara langsung. Jadi sekali lagi membiasakan atau memberikan kesempatan beradapatasi untuk KH Ma’ruf,” jelasnya.

BACA JUGA: Sambut Pilpres, Tabloid Obor Rakyat Bakal Terbit Lagi

Tina mengungkapkan, Jokowi-Ma’ruf sudah punya pengalaman mendasar, hingga ia tidak kesulitan dalam memberi contoh.

“Kami sebagai tim bukan pada posisi melatih karena pasangan capres 01 beliau berdua sudah berpengalaman dengan latar belakang masing-masing. Pak Jokowi juga debat ini bukan debat pertama kali,” jelasnya.[]

SUMBER: KUMPARAN


Artikel Terkait :

About Nanda

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *