cara kurangi stres
Foto: pexels

Tinggal di Dekat Hutan Bisa Kurangi Stres?

Dari sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh peneliti di Jerman menyebutkan bahwa tinggal dekat alam di mana tempat tersebut memiliki udara yang segar bisa menurunkan risiko stres. Peneliti juga menyebutkan bahwa tinggal di dekat alam bebas seperti dekat hutan akan membuat otak lebih sehat, cerdas dan terhindar dari alzheimer.

Penduduk perkotaan yang tinggal di dekat alam menunjukkan memiliki kesehatan yang lebih terjaga. Studi yang dilakukan di Max Planck Instutute for Human Development di Jerman menemukan jika orang-orang yang dekat dengan alam memancarkan energi positif dari dalam dirinya.

BACA JUGA: Fakta Mengerikan Hutan Terapung

Sebaliknya, hidup di kota yang rentan dengan kebisingan, polusi, padatnya manusia dan kehidupan sosial yang cenderung individual meningkatkan risiko stres, depresi, kecemasan hingga gangguan psikologis.

“Penelitian menemukan bahwa lingkungan bisa membentuk struktur dan fungsi otak. Itulah sebabnya kami tertarik dengan kondisi lingkungan yang mungkin memiliki efek positif pada perkembangan otak, peningkatan kebahagiaan dan kenyamanan jiwa,” ungkap penulis studi, Simone Kuhn yang juga ketua tim peneliti di University Medical Center Hamburg-Eppendorf (UKE).

BACA JUGA: Abi Thalhah dan Kebun Kurma yang Diberkahi

Studi juga menyebutkan bahwa orang-orang yang hidup di desa lebih bahagia, lebih ramah dan panjang umur. Orang-orang yang hidup di desa bahkan bisa selalu hidup bahagia dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan mereka. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *