Unik, Informatif , Inspiratif

Tinggalkan Shalat, Ini Kerugiannya (2-Habis)

0

Saat ini, mungkin sebagian dari kita sering menemukan orang-orang yang dengan mudahnya meninggalkan shalat karena urusan duniawi. Padahal kita tahu bahwa shalat adalah tiangnya agama.

BACA JUGA: Berdosakah Pria yang Tak Laksanakan Shalat Berjamaah?

Ketika seseorang rajin menunaikan shalat, berarti ia sedang mendirikan agamanya. Dan sebaliknya, orang yang gemar meninggalkan shalat berarti ia telah meruntuhkan agamanya sendiri.

Selain itu, ada begitu banyak kerugian yang akan diperoleh orang-orang yang meninggalkan salatnya. Kerugian itu di antaranya,

3. Tidak Diselamatkan dan Dikumpulkan Bersama Fir’aun

Kerugian yang terakhir yang akan diperoleh orang-orang yang gemar meninggalkan shalat ialah mereka tidak akan diselamatkan dan akan dikumpulkan bersama Fir’aun. Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang tidak memelihara shalat, maka ia tidak akan bercahaya, tidak mempunyai hujjah (alasan) dan tidak akan diselamatkan. Di hari Kiamat kelak, ia akan dikumpulkan bersama Qarun, Fir’aun, Haman dan Ubay bin Khalaf” (HR. Ahmad).

Orang yang meninggalkan shalat dengan sengaja sama saja dengan mengerjakan dosa besar, Imam Adz-Dzahabi menyatakan,

BACA JUGA: Ini Posisi Anak Kecil dalam Shaf Shalat

“Orang yang mengakhirkan shalat dari waktunya tergolong pelaku dosa besar. Sedangkan yang meninggalkannya (satu kali saja) sama dengan orang yang berbuat zina dan tindak kriminal pencurian. Meninggalkan seluruh shalat (yang lima waktu) secara total, termasuk dosa besar. Apabila hal tersebut dilakukan berulang kali, maka pelakunya dianggap telah melakukan dosa-dosa besar, kecuali jika orang tersebut bertaubat. Kemudian jika terus-menerus melakukannya, maka ia termasuk orang-orang yang merugi, celaka dan berdosa.”  Wallahu ‘Alam. []

SUMBER: INFOYUNIK


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.