Unik, Informatif , Inspiratif

Tinggalkan Shalat, Ini Kerugiannya (1)

0

Saat ini, mungkin sebagian dari kita sering menemukan orang-orang yang dengan mudahnya meninggalkan shalat karena urusan duniawi. Padahal kita tahu bahwa shalat adalah tiangnya agama.

Ketika seseorang rajin menunaikan shalat, berarti ia sedang mendirikan agamanya. Dan sebaliknya, orang yang gemar meninggalkan shalat berarti ia telah meruntuhkan agamanya sendiri.

Selain itu, ada begitu banyak kerugian yang akan diperoleh orang-orang yang meninggalkan salatnya. Kerugian itu di antaranya,

BACA JUGA: Bagaimana Cara Bertaubat dari Dosa Meninggalkan Shalat?

1. Akan Merugi di Akhirat

Hal pertama yang akan diterima oleh orang yang gemar meninggalkan sholat adalah merugi ketika berada di akhirat kelak. Seperti yang sudah ketahui bahwa sholat menjadi amal ibadah pertama yang akan dihisab ketika di akhirat kelak.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah, amal ibadah yang pertama kali dihisab di akhirat adalah shalatnya. Dari Abu Hurairah, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah SWT mengatakan, “Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?” Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu.”

“Bilamana shalat seseorang itu baik maka baik pula amalnya, dan bilamana shalat seseorang itu buruk maka buruk pula amalnya.” (HR. Ath-Thabarani).

BACA JUGA: Ini Keajaiban Shalat

2. Masuk ke Dalam Neraka Saqar

Kerugian selanjutnya adalah mereka akan dimasukkan ke dalam neraka, tepatnya ke dalam neraka Saqar. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT:

“Apa yang menyebabkan kamu masuk ke dalam (neraka) Saqar?” mereka menjawab, “Dahulu kami tidak termasuk orang-orang yang melaksanakan shalat.” [QS. Al-Mudatsir ayat 42-43]

Kerugian ini tentu akan membuat manusia tersebut merasa menyesal karena sudah meninggalkan shalat. Akan tetapi penyesalan ketika berada di akhirat tersebut tidak akan berarti karena Allah SWT sudah menetapkan hukuman bagi makhluk-Nya yang tidak taat.

Bahkan Rasulullah sendiri mengatakan bahwa barangsiapa yang dengan sengaja meninggalkan shalat, maka dia telah kafir.

“Perjanjian antara kita dengan mereka (orang-orang kafir) adalah shalat. Barangsiapa yang meninggalkannya, berarti ia telah kafir.” (HR. Tirmidzi). []

 

SUMBER: INFOYUNIK


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.