Unik, Informatif , Inspiratif

Tinjau Ekonomi, MUI Dukung Larangan Perayaan Tahun Baru dari Pemkot Aceh

0

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menilai, larangan tersebut tidak melanggar apapun. Bahkan hal itu bagus untuk dilakukan di tengah kondisi ekonomi masyarakat yang sedang buruk.

“Boleh saja ya, pemerintah setempat mengimbau masyarakatnya untuk tidak berhura-hura di akhir tahun dan di awal tahun baru. Ya, kita sambut imbauannya itu. Apalagi di tengah-tengah kondisi ekonomi masyarakat yang juga kurang bagus sebaiknya kita berhemat tidak berfoya-foya,” kata Anwar Abbas saat dihubungi kumparan, Jumat (14/12/2018).

BACA JUGA: Akan Ulang Kesuksesan, Pemkot Aceh Kembali Larang Warganya Rayakan Tahun Baru 2019

Hanya mubah, haram berlebihan

Anwar mengatakan hukum perayaan tahun baru dalam Islam adalah mubah yang berarti apabila dikerjakan tidak berpahala dan tidak berdosa, jika ditinggalkan pun tidak berdosa dan tidak berpahala.

Meksi begitu, Anwar mengingatkan perayaan tersebut bisa menjadi haram jika dilakukan secara berlebihan.

“Cuma sesuatu yang mubah itu bisa menjadi haram kalau berlebih-lebihan. Kalau mubazir, itu haram. Kalau seandainya batas-batas norma-norma agama terlanggar itu jadi haram,” kata Anwar.

Maka itu, Anwar menyarankan bila ada yang ingin merayakan tahun baru sebaiknya diisi dengan hal yang bermanfaat seperti penggalangan dana untuk masyarakat yang terdampak bencana alam di Lombok ataupun Palu.

BACA JUGA: Harus Disebarkan, Ini 5 Poin Seruan Pemkot Aceh soal Larangan Rayakan Tahun Baru!

“Kita ini kan di NTT gempa, di Palu tsunami, masyarakat di sana jelas memerlukan bantuan uluran tangan. Sampai sekarang saja mereka yang kehilangan rumah di sana, belum punya rumah,” jelas Anwar.

“Nah, bisa enggak dana-dana yang untuk beli mercon, beli segalanya ditransformasikan, dikumpulkan untuk disalurkan kepada kawan-kawan kita yang sampai hari ini belum keluar dari masalahnya itu. Jadi rasa bahagia kita diungkapkan dengan cara yang lain. Cara yang berbeda, yang lebih baik,” tutupnya. []

SUMBER: KUMPARAN


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.