cara bayar zakat penghasilan
Foto: Liputan6.com

Tips agar Keuangan Aman di Akhir Bulan Ramadhan

Sejatinya, Ramadan adalah bulan yang dapat mendekatkan diri seorang hamba kepada pencipta-Nya. Karena di waktu itulah kemuliaan dan keutamaan ibadah di bulan Ramadan akan dirasakan umat Muslim.

Di bulan Ramadan ini jugalah biasanya terjadi pembengkakan pengeluaran rumah tangga. Selain untuk memenuhi kebutuhan bulan puasa, biasanya juga warga menggunakannya untuk hal-hal yang berkaitan dengan Ramadan. Seperti kebutuhan Idul Fitri dan juga tradisi bulan Ramadan seperti berbuka puasa bersama.

Melansir Cermaticom terdapat tips agar keuangan aman di bulan Ramadan. Tips itu diawali dengan memisahkan antara gaji dan THR (Tunjangan Hari Raya)  agar bisa digunakan dengan tepat. Cara lainnya yang dapat Anda tempuh dalam mengelola keuangan secara bijak adalah sebagai berikut:

[bs_smart_list_pack_start][/bs_smart_list_pack_start]

1. Tabungan

Jangan karena menjelang Ramadan dan Lebaran, kebutuhan Anda menjadi lebih banyak, lantas melupakan menabung. Disarankan agar menyisihkan uang THR yang didapat setidaknya 10 hingga 20 persen dimasukan pada rekening tabungan pribadi.

2. Pakaian baru, perlengkapan ibadah dan zakat

Memasuki Ramadan dan menjelang hari raya nanti, ada beberapa keperluan yang sepertinya wajib dijadikan prioritas juga. Keperluan ini seperti pakaian baru untuk Anda dan keluarga, perlengkapan Ibadah serta membayar zakat.

3. Gunakan THR untuk jamuan hari raya dan saat mudik

Jika tahun ini Anda berencana untuk merayakan Lebaran di rumah saja, maka alokasi THR ini akan lebih minimal. Namun jika memutuskan untuk pulang kampung dan bertemu keluarga besar, alokasikan dana untuk jamuan hari raya.

4. Sisa alokasi untuk utang berjalan

Mungkin Anda juga masih memiliki kewajiban utang yang harus dibayar walaupun memasuki bulan Ramadan dan hari raya. Sisa THR yang ada, bisa digunakan untuk keperluan ini.

[bs_smart_list_pack_end][/bs_smart_list_pack_end]

Namun, jika Anda tidak memiliki utang seperti utang kartu kredit atau cicilan kendaraan, maka alokasikan sisa THR untuk investasi masa depan. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

setan

Kulit Membiru karena Dicubit Setan, Benarkah?

Hal ini disebabkan karna penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *