foto: lakeybanget.com

Tips Agar Setelah Makan Tak Ngantuk

ngantuk
ngantuk (foto: lakeybanget.com)

INSPIRADATA. Sudah menjadi realita, sering yang menyebutkan “setelah makan itu enaknya tidur” ya, memang betul. Tapi apakah itu baik? dan apa cara mengatasi hal tersebut. Agar setelah makan tak ngantuk

Seperti dilansir klikdokter.com, inilah beberapa cara mengatasi makan agar tak ngantuk:

Perhatikan komposisi makanan

Ingat, makanan tinggi karbohidrat, lemak, dan kaya gula dapat mencetuskan rasa ngantuk setelah makan. Karena itu, sebisa mungkin batasi jenis makanan ini dan perbanyak komposisi makanan yang mengandung serat –seperti sayur, roti gandum dan buah-buahan.

Jangan lewatkan waktu sarapan

Faktanya, tidak sarapan menyebabkan rasa lapar yang menumpuk dan berakibat pada makan siang yang tidak terkontrol, baik jenis makanannya maupun porsinya. Jadi, jangan sampai lupa sarapan sebelum mulai beraktivitas, ya!

BACA JUGA
Cegah Ngantuk di Siang Hari Saat Kerja, Yuk Tebak Pertanyaan Ini
Penelitian Mengenai Orang Indonesia adalah Pemakan Nasi

Olahraga ringan pada jam makan

Olahraga dapat membantu memperbaiki aliran darah, serta meningkatkan pasokan oksigen dan energi ke sel-sel di dalam tubuh. Tidak perlu olahraga berat, Anda cukup beranjak dari meja kerja dan berjalan keliling kantor, atau ke luar ruangan untuk meninghirup udara segar.

Ingat, rasa ngantuk setelah makan dapat sangat memengaruhi produktivitas kerja Anda pada jam-jam berikutnya. Maka dari itu, pastikan Anda melakukan cara di atas, agar sisa waktu bekerja Anda tidak terganggu oleh rasa ngantuk. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *