hamil perjalanan jauh
foto : MomResource

Tips Agar Tetap Aman Melakukan Perjalanan Jauh Saat Hamil

Adakah rencana berpergian jauh saat hamil? Jika ada, apa pernah merasakan takut tak aman saat akan melakukan perjalanan?

Saat akan melakukan perjalanan jauh, selalu konsultasikan kesehatan tubuh dengan dokter kandungan, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jangan sampai perjalanan jauh yang seharusnya menyenangkan namun berganti menjadi peristiwa yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.
Dilansir dari laman parents.com, wanita hamil penting memiliki istirahat cukup dan tidak boleh terlalu capek. Melakukan perjalanan jauh sangat rentan membuat fisik dan psikis capek.

Agar melakukan perjalanan jauh tetap aman dan tak menguras tenaga, ini tipsnya:

1. Hindari bepergian sendiri. Harus selalu ada orang terdekat yang menemani saat perjalanan jauh
2. Harus mengetahui setiap nomor rumah sakit di tiap kota yang akan dilewati, agar mencegah kepanikan saat terjadi hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.
3. Pilih kendaraan yang membuat nyaman dan aman, dan pilih juga kendaraan yang sudah terjamin memberikan pelayanan maksimal.
4. Konsumsi air putih cukup selama melakukan perjalanan dan selalu merasa bahagia, karena hal ini bisa mendukung keselamatan bagi ibu dan janin.
5. Sediakan bekal makanan sehat selama perjalanan, seperti sayur, ikan, atau buah-buahan, untuk menambah asupan gizi ibu dan janin.
6. Cukup bawa barang yang diperlukan saja, agar tidak merepotkan perjalanan.
7. Periksakan tubuh terlebih dahulu ke bidan atau dokter untuk mengetahui kondisi fisik kita sehat dan aman untuk melakukan perjalanan atau tidak.
8. Pastikan kartu asuransi atau kartu kesehatan kita masih valid, agar memudahkan melakukan registrasi di setiap rumah sakit saat terjadi sesuatu yang tak terduga.

Para ahli mengungkapkan, jika melakukan perjalanan jauh tidak disarankan untuk wanita yang mengandung dengan usia di bawah 3 buan dan di atas 8 bulan, karena usia kandungan ini cukup berisiko. []

Sumber : vemale.


Artikel Terkait :

About Nuryani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *