, Tips Atasi Rasa Cemas yang Berlebihan
Unik, Informatif , Inspiratif

Tips Atasi Rasa Cemas yang Berlebihan

0

 

Setiap manusia pasti memiliki rasa cemas. Entah apapun itu yang ada dalam pikirannya sehingga membuat seseorang cemas. Rasa cemas sangatlah wajar dialami setiap manusia. Karena rasa cemas ini tidak terlalu berbahaya bagi manusia. Tapi, bisa menjadi bermasalah apabila rasa cemas itu terlalu berlebihan.

Untuk atasi rasa cemas yang berlebihan, inilah beberapa tips yang dapat kita lakukan.

1. Tawakal kepada Allah

Terlepas ada yang bisa dilakukan atau tidak, tawakal akan mengurangi kecemasan. Kita yakin, bahwa apa yang akan terjadi adalah ketentuan Allah dan Allah pasti memberikan yang terbaik bagi kita.

Untuk itu, serahkan semuanya kepada Allah, mintalah bantuan, pertolongam, dan bimbingan Allah agar kita menemukan solusi, mampu menghadapi yang kita cemaskan, dan lebih baik lagi jika terhindar dari apa yang kita cemaskan.

2. Hujamkan dalam hati: Apa pun yang terjadi, itu terbaik bagi saya

Satu ayat yang langsung menghilangkan kehawatirsan adalah:

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak Mengetahui,” (QS Al Baqarah: 216).

Bisa jadi, kita memang tidak suka dengan rasanya, padahal itu yang terbaik bagi kita. Sebagai contoh kehilangan uang memang pahit, apalagi dalam jumlah yang besar. Kita tidak suka, padahal bisa jadi Allah sudah punya rencana yang lebih baik dibalik kehilangan uang tersebut. Kita hanya tidak mengetahui dan tidak menyadarinya. Kadang, kesadaran akan manfaatnya kita ketahui belakangan.

Masalahnya banyak orang yang menolak ini. Mereka lebih memilih mendapatkan keinginan dia (hawa nafsu) ketimbang pilihan Allah yang pastinya jauh lebih baik. Ini tentang keimanan, apakah kita yakin Allah memberikan yang terbaik atau tidak. Jika yakin, maka insya Allah, kecemasan itu akan hilang.

3. Mengetahui batas kemampuan kita

Ciptakan dan prioritaskan tujuan kita, baik kehidupan pribadi maupun profesional. Lalu, jabarkan pelaksanaannya dalam bentuk mingguan, bulanan, atau jangka waktu tertentu. Sadari bahwa tak ada gunanya membuang waktu dan energi untuk terobsesi dalam salah satu isu, event, atau pun orang-orang yang berada di luar kontrol.

4. Perhatikan pola makan

Kadang-kadang hal-hal kecil dapat menyebabkan kecemasan, seperti kelaparan atau makanan tertentu. Kebanyakan orang yang menderita kecemasan karena kekurangan magnesium. Mengurangi minuman berkafein dan alkohol juga membantu mengurangi kecemasan

5. Belajar menjadi penonton

Pikiran adalah bagian dari kita, tapi tidak semuanya harus dimiliki. Itu sebabnya ketika kita sedang bermeditasi tujuannya untuk menjaga pikiran kita agar bisa mengontrolnya. Jika pikiran dan rasa cemas muncul maka belajarlah untuk menjadi penonton dari pikiran dan rasa cemas kita. Jadikan itu hanya tontonan bukan suatu hal yang harus dicemaskan. []

Sumber: kesehatankecantikantips/didie0610/klikcara/motivasi-islami


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.