Unik, Informatif , Inspiratif

Tips Jauhkan Anak dari Cyberbullying

0

Di zaman ini, nyaris setiap orang memilki akun media sosial. Memilki akun medsos memang banyak manfaatnya, terutama dalam melakukan koordinasi tim. Jadi begitulah, para pelajarpun penting sekali memilkinya. Bukan hanya koordinasi sesama siswa sekolah atau kursus. Tapi juga antara guru dan anak didiknya.

Sayangnya, jejaring sosial bukan hanya menjadi salah satu cara menjalin komunikasi dan mendapatkan banyak teman, namun juga menjadi jalan seseorang bisa tersakiti. Bentuk kekerasan yang dialami anak atau remaja melalui internet ini sebaiknya diperhatikan secara serius oleh orangtua.

BACA JUGA: Punya Nama Trump, Bocah Ini Dibully dan Terpaksa Keluar Sekolah

Bentuk ejekan, merendahkan, hinaan, intimidasi atau dipermalukan ini terutama membahayakan kesehatan mental dan emosional anak.

Untuk menjauhkan anak sebagai korban cyberbullying, ini yang bisa dilakukan orangtua, berdasarkan Kid’s Health.org.

1. Memeriksa gawai anak dan lakukan pengaturan block bullying

Orangtua bisa mengecek smartphone anak dan mengatur setting akun jejaring sosial mereka untuk blocking komentar, email, pesan teks atau apa pun yang berpotensi menimbulkan cyberbullying.

BACA JUGA: 6 Cara Membuat Layar Smartphone Tetap Awet

2.  Batasi akses gawai

Sepakati jam ‘bergawai-ria’ anak. Diskusikan bila anak memang butuh komunikasi dengan teman mengenai tugas sekolah, atau tugas guru. Tidak sehat bagi anak yang terus menerus memegang gawai, dan seperti ‘hilang’ dalam kehidupan berkeluarga dan bersosial sesungguhnya.

3. Sekali-sekali membuka gawai anak bersama anak

Cara ini akan mendekatkan anak. Memang mulanya mungkin anak akan jengkel dengan keingintahuan kita. Tapi jika kita memberi perhatian tentang temannya dalam dunia maya yang kadang-kadanga teman di dunia nyata juga, anak akan senang.

Cara ini juga dapat kita lakukan: Ikuti anak di jejaring sosial, ask friend atau follow mereka sehingga bisa mengawasi dan lihat seperti apa lingkungan dunia maya anak. Namun jangan mengomentari atau meninggalkan jejak apa pun di postingan anak agar tidak memicu rasa minder pada mereka.

4. Beri pemahaman

Katakan pada anak bagaimana sebaiknya bersikap di social media. Ingatkan mereka agar tidak membagi informasi pribadi seperti data diri, alamat rumah atau apa pun yang menyangkut privasi di media sosial.

BACA JUGA: Lebih Gampang, Cek Info Pajak Kendaraan Bisa di Smartphone

Katakan juga bahwa tidak perlu merasa sakit hati terhadap setiap komentar negatif yang mungkin diberikan seseorang dan mengajarkan mereka untuk tidak terlalu serius menanggapi komentar.

Pastikan selalu anak-anak menggunakan gawai dengan bijak dan tahu cara menghindari dan menghadapi cyberbullying, jika hal itu terjadi.[]

SUMBER: LIPUTAN 6


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline