Unik, Informatif , Inspiratif

Tips Menyesuaikan Mainan dengan Umur Bayi

0

Mainan adalah salah satu alat yang dipercaya dapat mengembangkan daya pikir anak. Karena itu dikenal juga mainan edukatif. Maianan pada anak juga disesuaikan dengan kebutuhan yang sesuai umur anak.

Pada tahun pertama kehidupannya, sesunggahnya seorang bayi akan mengeksplorasi semua bena di sekelilingnya sebagai mainan. Bagi orang tua, ada kiat-kiat khusus untuk menyesuaiakan mainan dengan umur bayinyanya.

BACA JUGA: Apakah Bayi Tabung Bertentangan dengan Agama?

Untuk bayi di 6 bulan pertamanya, mainan yang pas adalah yang kan meningkatkan perkembangan saraf sensorik dan motoriknya. Pilihlah mainan dengan warna hitam dan putih atau warna cerah dan warna mencolok agar dapat menarik perhatian bayi. Saat ia mulai meraih dan memegang sesuatu untuk dimasukkan ke dalam mulut, mainan bertekstur merupakan pilihan yang tepat.

BACA JUGA: Pemberian ASI Menjadi Faktor Berat Badan Bayi?

Sedangkan pada usia 6-12 bulan, mainan yang cocok adalah mainan yang mempunyai sebab-akibat dan koordinasi tangan-mata. Umumnya, sesuatu yang memiliki tombol, bersuara, bisa jatuh, bersusun, dapat dibuka atau ditutup akan menarik perhatian bayi.

Saat membeli mainan juga selalu perhatikan petunjuk dan keamanannya untuk si kecil. Pastikan pula untuk memilih mainan dengan bahan yang aman untuknya ya. Semoga tips ini bermanfaat.[]

SUMBER: LIPUTAN 6


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline