Unik, Informatif , Inspiratif

Tips Rawat AC Mobil Tetap Dingin dan Awet

0

Air conditioner (AC) menjadi salah satu komponen pendingin udara yang menambah kenyamanan saat berkendaraan. Namun, sayang tak sedikit dari pemilik mobil jarang memperhatikan kondisi komponen AC mobilnya.

Related Posts
3

25 Ribu Rumah di Bangladesh Pakai AC dari Botol Bekas, Mau…

“Setiap tiga bulan gantilah filter AC kabin agar tetap dingin. Selain itu pengecekan rutin juga bisa menganalisa kerusakan part AC sejak dini, jadi biaya perawatan pun tidak besar,” kata Susanto kepada VIVA.

Dengan melakukan servis secara teratur disertai perawatan yang benar pada AC mobil, kata Susanto, membuat AC jadi lebih awet dan bekerja secara normal.

Dengan begitu, AC akan selalu memberikan udara yang sejuk dan menyegarkan tatkala kita berada dalam mobil.

“Selain itu, bersihkan kisi-kisi AC di dasbor maupun di bagian lainnya. Untuk pembersihan di kisi-kisi bisa pakai kuas kecil dengan menggunakan alat vacuum agar kotoran bisa kesedot, tidak masuk ke lubang kisi-kisi AC,” kata dia.

Bagi penggunaan AC, lanjutnya, sesuaikan dengan kebutuhan pengemudi dan penumpang ketika berada di kabin mobil.

Apabila hanya mengemudi sendiri, blower tidak perlu dipasang secara maksimal, suhu juga bisa diatur di posisi 24 derajat.

Namun, jika lebih, bisa diatur lebih dingin.

“Pemakaian bisa menyesuaikan kebutuhan. Misal kalau siang bisa pakai blower satu, semburan ke badan suhu di 24 derajat. Untuk standarnya pengaturan suhu anggap saja suhu badan kita 36 derajat dikurang 11 derajat suhu ideal, cukup menggunakan 24 derajat di pengaturan AC-nya,” kata dia.

“Dengan penggunaan AC yang tepat dan perawatan rutin, maka AC akan tetap bekerja maksimal untuk mendinginkan suhu kabin,” imbuhnya. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline