Foto: Pojokutama

Tips Sukses Dapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri

Mendapatkan beasiswa sekolah luar Negeri memang tidak mudah. Untuk memutuskan sekolah di Negara Asing saja memang sulit. Bukan hanya kendala bahasa, namun cuaca, tradisi, budaya, itu juga menjadi kendala.

BACA JUGA: Meski Kulitnya Mudah Mengelupas, Gadis Kecil Ini Tetap Semangat Belajar

Tak perlu bingung, untuk mendapatkan beasiswa luar negeri, semakin awal mencari informasi dan memulai proses aplikasi, maka akan semakin besar peluang untuk diterima di Universitas impian.

Ada beberapa tips untuk mendapatkan beasiswa baik di Inggris, Prancis, Jerman, Amerika Serikat ataupun China.

1. Perluas sudut pandang.

Walaupun sudah memiliki target untuk kuliah di universitas tertentu, tidak ada salahnya untuk daftar di tiga universitas meskipun berada di lokasi yang berbeda.

2. Realistis dan cari informasi.

Harus berhati-hati dalam mengecek dan membaca syarat akademis untuk mengetahui apakah diterima atau tidak di Universitas impian. Jika persyaratan tersebut dianggap tidak jelas, coba hubungi bagian mahasiswa internasional atau penasihat dari Universitas.

4.Tulis sendiri surat motivasi.

Sebagian Universitas akan meminta sebuah surat motivasi. Usahakanlah untuk jujur dengan menulis sendiri surat motivasi yang diminta oleh Universitas. Tulislah berbagai pengalaman yang berkaitan dengan keperluan akademis serta program studi kedepannya.

BACA JUGA: Siswa Korban Gempa Sulteng Masih Belajar di Tenda Darurat

4. Hati-hati dengan dokumen.

Beberapa negara memiliki syarat atau aturan untuk siswa internsional mereka. Begitupula dengan aturan bahasa. Semua dokumen harus diterjemahkan dalam bahasa resmi dari negara yang dituju dan disahkan secara hukum oleh pihak berkompeten.[]

SUMBER: VIVA


Artikel Terkait :

About Nanda

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *