TNI Dirikan Rumah Sakit Lapangan yang Setara RS Kelas III untuk Korban Gempa di Pidie Jaya

INSPIRADATA. Bantuan untuk korban Gempa di Pidie, Aceh mulai berdatangan. Pemerintah menunjukkan sikap cepat tanggap, melalui bantuan yang diberikan kementrian social dan kementrian pendidikan. Selain itu, TNI juga tidak ketinggalan.

Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen dr. Ben Yusra Rimba mengatakan, pihaknya akan membuka Rumah Sakit Lapangan di Kabupaten Pidie Jaya guna membantu para korban gempa di bumi Serambi Mekah.

“Sesuai perintah Panglima TNI sebelum pukul 06.00 WIB pagi diharapkan Rumah Sakit Lapangan Kostrad dan Marinir sudah berdiri terutama di Pidie Jaya sebab itu adalah daerah terberat,” kata Ben seperti dilansir dari Okezone.

TNI akan menerjunkan sebanyak 24 dokter spesialis ‎yang akan membantu para korban gempa. Bahkan, Ben mengklaim kekuatan Rumah Sakit Lapangan milik TNI setara dengan RS Kelas III yang ada di Indonesia.

“‎Kita berangkat satu Rumah Sakit Lapangan dengan personel 24 dokter spesialis, jadi ada spesialis bedah tulang, spesialis anestesi, spesialis penyaki dalam, spesialis anak, dokter bedah umum. Kita datang dengan kekuatan setara rumah sakit tingkat III,” jelas Ben.

Misi TNI ke Pidie Jaya menurutnya adalah untuk membuka rumah. Terlebih, saat ini banyak rumah sakit yang hancur lantaran dahsyatnya guncangan bumi 6.5 SR.

“Misi utama kita adalah memang kita tahu rumah sakit di sana itu banyak yang rusak walaupun kita tahu tenaga medisnya ada. Kehadiran kita di sana adalah sebagai rumah sakit pengganti sementara sampai keadaan stabil diharapkan dalam dua minggu kita kembali ke Jakarta,” pungkas Ben.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *