Foto: CDkitchen

Tomat, Dimakan Langsung atau Olah Dulu?

Ketika anda melihat ada tomat yang lagi “nganggur” di meja dapur, belum dimasak atau diapa-apakan, masih segar, bersih, dan matang. Kira-kira apa yang ada di pikiran? Membayangkan apakah harus diolah dulu ataukah langsung disantap saja. Betulkan?

Berikut ulasan dari Alodokter, kira-kira mana yang lebih baik antara mengolahnya terlebih dahulu atau langsung memakannya.

Tomat memiliki satu zat bernama likopen. Zat ini adalah salah satu jenis antioksidan yang sangat kuat yang diduga sangat berguna dalam memerangi kanker.

Berdasarkan penelitian, likopen sangat baik untuk pria. Mereka yang mengonsumsi tomat dan produk olahan tomat diperkirakan memiliki risiko kanker prostat lebih rendah.

Yang patut diperhatikan adalah, mengonsumsi tomat yang sudah diolah lebih baik daripada mengonsumsi secara mentah. Likopen dari tomat yang sudah diolah ataupun yang sudah di jus ternyata lebih mudah dicerna tubuh dibandingkan dengan likopen yang berasal dari tomat mentah.

Mengolah tomat membantu lepasnya likopen dari sel-sel dalam tomat. Likopen sendiri merupakan jenis lemak yang larut. Jikapun tidak dijadikan jus, memasak tomat dengan minyak akan membantu pelepasan likopen dari selnya. Selalu perhatikan untuk tidak menambahkan gula atau garam berlebihan saat memasak tomat. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *