tongkat bungkarno (foto: gogleberita)

Tongkat Bung Karno, Ajaib?

Sebuah mitos klasik bangsa ini bagi founding father  Indonesia, Bung Karno. Sedikit menggelitik memang, namun memang benar adanya hal yang satu ini – pada era kepemimpinannya. Mitos tentang tongkat komando bung Karno.

Ya, meski Bung karno berkali-kali membantah, banyak orang yang tetap meyakini bahwa tongkat komando miliknya memiliki kekuatan magis.

Bahkan pemimpin Kuba, Fidel Castro pun sempat memgang tongkat tersebut dan bercanda, “Apakah tongkat ini sakti seperti tongkat suku Indian?”

Bung Karni memang memiliki setidaknya tiga tongkat komandi. Satu untuk dibawa bepergian ke luar negeri, lalu untuk berhadapan dengan para jenderalnya, dan satu lagi untuk pidato.

“Itu hanya kayu biasa yang aku gunakan sebagai bagian dari penampilanku, sebagai pemimpin dari sebuah negara besar,” tutur Bung Karno kepada Cindy Adams, penulis biografinya di Istana Bogor.

Ucapan tersebut memang sejujurnya. Salah satu tongkat kabarnya terbuat dari kayu pohon pucang kalak yang ditanam di Ponorogo. “Untuk menghadapi para jenderal,” begitu kata orang yang memberikan tongkat tersebut sebagai hadiah bagi Bung Karno.

Lalu Bung Karno menyuruh seniman Yogyakarta untuk membuat tongkat tersebut menjadi tongkat komando. []

Soekarno & Mitos, Tjahjo Widyasmoro


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Obbie Mesakh, Raja Pop 80-an

Hampir semua artis yang ia orbitkan berhasil menjual lebih dari 400.000 keping CD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *