Unik, Informatif , Inspiratif

Topan Terdahsyat yang Pernah Menghantam Dunia

0

Bumi pernah diguncang topan dahsyat pada 12 Oktober 1979. Menurut catatan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), sebuah topan berembus dengan kecepatan 306 kilometer per jam muncul saat cuaca ekstrem bergejolak di atas Pasifik barat.

Topan tersebut dijuluki Super Tip karena berkekuatan sangat besar ketimbang topan-topan lainnya yang pernah didokumentasikan NOAA. Tekanan pusat topan super itu mencapai 25,69 inci Hg, ini setara dengan tekanan permukaan laut terendah yang pernah diamati di bumi. Semakin rendah tekanan udaranya maka semakin dashyat pula kekuatan topan itu.

“Selain memiliki intensitas tak tertandingi, topan Super Tip diingat karena ukurannya yang sangat besar,” jelas NOAA seperti dilansir Livescience, Senin, (15/10/2012).

Related Posts
1

Waduh, Negara-negara Ini Ternyata Rawan Bencana (2-Habis)

Topan Super Tip memiliki diameter yang membentang sekitar 2.220 kilometer. Angka ini persis sama dengan jarak antara Kota New York dan Dallas. Dengan catatan-catatan super diatas, topan Super Tip kemudian ditetapkan menjadi topan terbesar dan terdahsyat di bumi.

Kedahsyatan topan Super Tip di Pasifik ini nyaris bisa disaingi sejumlah “rivalnya” yang pernah mampir di Atlantik. Seperti Topan Wilma, yang terjadi pada 2005, misalnya, tercatat memiliki tekanan 26,04 inci Hg; topan Gilbert (1988) dengan tekanan 26,22 inci Hg; dan topan terdahsyat, Katrina (2005), dengan tekanan 26,64 inci Hg.

Negara paling hancur akibat serangan Super Tip ini adalah Jepang. Super Tip memporak-porandakan pulau utama di Jepang, Honshu, sehingga membekas selama satu dekade sesudahnya. “Tip menewaskan 86 orang dan melukai ratusan lainnya,” NOAA melaporkan. []


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline