Unik, Informatif , Inspiratif

Traveling ke Jateng, Jangan Lupa Cicipi Makanan Unik Ini

0 647

Saat traveling, mencicipi makanan khas dari tempat yang sedang dikunjungi adalah agenda wajib. Nah Jawa Tengah menjadi tempat yang bisa Anda masukan dalam rencana traveling selanjutnya. Mengapa? Karena selain menawarkan wisata alam yang menawan, Jawa Tengah juga memiliki beragam makanan khas yang sayang sekali jika dilewatkan.

Di antara makanan khas ini, ada beberapa yang memiliki nama unik lho! Apa saja? Simak yuk rangkumannya berikut ini:

1. Nasi Gandul

FOTO: womantalk.com

Nasi gandul atau sego gandul adalah makanan khas Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Jika dilihat sekilas, makanan ini mirip dengan semur daging atau gulai. Nah, makanan ini merupakan nasi yang disajikan dalam daun pisang dan biasanya ditambahkan lauk berupa daging sapi dan kuah segar.

Kelezatan makanan khas Pati ini terletak pada nasinya yang memiliki cita rasa lebih gurih dari nasi uduk pada umumnya, dan wanginya yang khas dan menggugah selera. Makanan ini biasanya dijual dengan harga berkisar Rp 12 ribu hingga Rp 20 ribu.

2. Mangut Beong

FOTO: Pencari Alam

Mungkin nama ini terdengar unik dan lucu di telinga Anda. Nama “beong” dalam makanan ini diambil dari nama ikan khas yang ada di Kali Progo.

Ikan yang mirip dengan ikan lele ini memiliki cita rasa yang lezat dan dagingnya pun mudah dikunyah.

Jika Anda ingin mencoba makanan khas Magelang ini, Anda bisa mengunjungi Warung Sehati Selera Pedas di Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur. Warung ini berjarak sekitar 4 KM dari Candi. Di warung ini Anda bisa mendapatkan menu mangut beong dengan harga berkisar 20 hingga 40 ribu rupiah saja sesuai dengan ukurannya.

3. Mie Ongklok

FOTO: Tribunnews.com

Kuliner khas Wonosobo ini adalah mi rebus ditambah dengan kol, potongan daun kucai, dan kuas kental berkanji. Makanan satu ini sangat mudah didapatkan di Wonosobo, mulai dari warung, rumah makan, maupun dijajakan menggunakan gerobak keliling.

Nama ongklok sendiri berasa dari keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu. Nah anyaman bambu ini digunakan untuk merebus mie.

Demikian tiga makanan khas Jawa Tengah yang bisa Anda coba saat berkunjung ke sana. Selain tiga makanan tadi, tentu saja masih banyak lagi makanan khas Jawa Tengah yang akan Anda temukan di sana. []

 

SUMBER: KUMPARAN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline