Unik, Informatif , Inspiratif

6 Trik Mudah untuk Meningkatkan Kinerja Komputer

0
Komputer
Foto: Komputer (CNET)

INSPIRADATA. Untuk mendukung rutinitas kamu pun juga menjejali komputer dengan beragam aplikasi yang digunakan.

Namun, sangat disayangkan apabila komputer kamu sudah punya spesifikasi yang cukup tapi performanya lama-kelamaan semakin menurun. Untuk solusinya, berikut ada enam trik meningkatkan kinerja komputer dengan mudah dan cepat.

1. Uninstall aplikasi yang jarang dipakai

Melakukan uninstall pada aplikasi yang jarang dipakai akan meningkatkan performa komputer sekaligus melegakan ruang penyimpanan. Hapuslah aplikasi yang jarang kamu pakai sekitar dua hingga tiga bulan. Di Windows, kamu bisa melakukan “Uninstall or change program” yang tersedia di menu settings.

Untuk beberapa aplikasi bahkan kamu bisa menggunakan versi web atau portable sehingga bisa disimpan di flashdisk. Selain itu, kamu harus rutin melakukan proses pembersihan komputer, misalnya menggunakan aplikasi CCleaner.

2. Selalu lakukan update

Banyak orang menghindari proses update, baik sistem operasi maupun aplikasi dengan berbagai alasan, misalnya saja boros kuota, ribet dan lain sebagainya. Selalu melakukan proses update nyatanya akan membuat performa komputer menjadi lebih baik dan kencang dari sebelumnya.

Proses update juga meningkatkan tingkat keamanan pada komputer kalian. Buat yang nggak mau ribet dengan urusan update, kamu pun bisa mengaktifkan fitur auto-update pada saat komputer kalian terhubung dengan akses internet.

3. Perhatikan Aplikasi yang Berjalan di Background

Menurunnya performa komputer salah satunya disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di background. Banyaknya aplikasi yang berjalan di belakang layar tentu membebani kinerja hardware pada komputer.

Maka dari itu, kamu sebaiknya mengecek aplikasi apa saja yang berjalan di backgroud dengan membuka jendela Task Manager. Kamu pun bisa meningkatkan kinerja komputer dengan menggunakan berbagai program PC Booster yang tersedia di internet.

4. Jangan Lupa Gunakan Antivirus

Saat kamu berselancar di internet, mungkin secara nggak sadar ada berbagai malware dan adware yang menjangkiti komputer kamu. Malware akan memberikan efek negatif yang tentunya berpengaruh terhadap performa komputer.

Untuk menangkal hal tersebut, banyak antivirus dan aplikasi keamanan internet yang dapat digunakan, misalnya Kaspersky, Avira, Avast!, dan sebagainya. Berbagai antivirus dapat kamu unduh secara gratis ataupun berbayar dengan fitur yang lebih lengkap.

5. Pembersihan Hardware Secara Berkala

Selain melakukan peningkatan pada segi perangkat lunak, kamu pun juga harus memperhatikan kebersihan hardware pada komputer. Debu yang menumpuk akan menekan kerja hardware yang berimbas pada performa komputer.
Gunakanlah alat-alat pembersih sederhana, seperti kuas, cotton buds, dan lap untuk membersihkan komputer, terutama pada bagian casing. Pada laptop, perhatikan lubang kipas exhaust, jangan sampai tertumpuk dengan lapisan debu untuk menjaga sirkulasi udara.

6. Instal Ulang Sistem Operasi

Kebanyakan orang melakukan instal ulang saat merasakan kinerja komputernya semakin menurun. Dengan proses yang cepat dan lumayan mudah, instal ulang dapat dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan backup pada data yang masih diperlukan.

Proses instal ulang secara otomatis menghapus semua aplikasi yang telah terinstal pada komputer. Langkah selanjutnya adalah melakukan instal kembali pada aplikasi yang diperlukan saja agar tidak membebani kinerja komputer.

Itulah 6 cara cepat dan mudah meningkatkan kinerja pada komputer. []

Sumber: Jalantikus


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline