Tom Price
Foto: AFP/Getty Images

Trump Berang dengan Skandal Pesawat Jet Carteran, Menkes AS Mundur

Skandal penggunaan pesawat jet carteran pribadi Tom Price, Menteri Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat Amerika Serikat, bergulir tak terkontrol, ia kini dipaksa mengundurkan diri dari jabatannya.

Dilansir kompas.com dari Politico, surat pengunduran diri Price diserahkan Jumat sore (30/9/2017) waktu setempat. Ia sebelumnya sempat yakin masih dipercaya untuk melanjutkan tugasnya, namun Price akhirnya angkat kaki juga setelah Presiden Donald Trump ingin dia meninggalkan posisinya.

Sejak bulan Mei lalu, menteri berusia 62 itu diberitakan menggunakan pesawat jet carteran pribadi setidaknya 24 kali. Hal ini membuat Trump berang.

Walau kota-kota yang ia kunjungi dapat ditempuh dengan pesawat komersial berbiaya rendah, Price memilih menggunakan pesawat jet carteran.

Pejabat AS yang melakukan kunjungan kerja diwajibkan menggunakan pesawat komersial, kecuali bila berkaitan dengan urusan keamanan nasional.

Price membebankan biaya carteran sebesar lebih dari 300.000 dollar AS atau sekitar Rp 4 miliar ke kas negara, publik Amerika Serikat pun semakin berang. Dia juga ketahuan mencampuradukkan urusan pribadi di sela-sela kunjungan kerjanya.

Di salah satu kunjungannya Price diberitakan menghabiskan waktu makan siang bersama dengan putranya serta mengunjung Pulau St Simons, sebuah resor peristirahatan.

Dalam surat pengunduran dirinya Price menyatakan penyesalan atas perilakunya yang telah menganggu jalannya pemerintahan.

Hubungan Price dengan Trump sesungguhnya sudah memburuk sejak kegagalan pencabutan Undang-Undang Kesehatan AS (Obamacare) oleh Senat.

Trump diberitakan tidak senang dengan Price yang kerap wara-wiri menghilang tidak jelas keberadaannya. Padahal pejabat-pejabat lain sibuk melancarkan lobi di Kongres.

Kegagalan pencabutan Obamacare yang merupakan janji terbesar Trump telah mempermalukannya. Skandal penggunaan pesawat jet carteran ini akhirnya menjadi kulminasi kemarahan Trump terhadap sosok dokter yang juga jarang menghadiri rapat di Gedung Putih.

Trump yang berkampanye akan membersihkan Washington, sangat tidak menyukai pengeluaran Price yang berlebihan dan tidak sesuai dengan visi pemerintahannya.

Mantan anggota DPR dari Georgia ini menjadi anggota kabinet pertama Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengundurkan diri. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *