lelah, Tubuh Lelah, Tapi Susah Tidur?
Unik, Informatif , Inspiratif

Tubuh Lelah, Tapi Susah Tidur?

0

Saat tubuh lelah karena banyak aktivitas, tidur kadangkala menjadi korbannya. Seolah mata berkhianat, tak ingin tidur. Bagaimana hal tersebut?

Direktur Pusat Nasional Penelitian Gangguan Tidur Carl E Hunt memaparkan penyebab yang memicu kondisi itu. Menurut Hunt, salah satunya adalah tingkat adrenalin yang tinggi sebelum tidur.

Seperti dilansir metro, alasan lain bisa jadi akumulasi kurang tidur yang berlarut-larut. Tidak tidur cukup beberapa malam berturut-turut membuat utang tidur seseorang hanya akan semakin bertambah.

Kurang istirahat membuat fungsi tubuh menurun, muncul respons stres, dan melepaskan adrenalin. Pengidap alergi tertentu juga berpotensi mengalami gangguan sukar tidur yang cukup parah.

Pemicu lain adalah kecemasan berlebih yang dirasakan seseorang. Ketika seseorang mengalami kondisi ini, tingkat adrenalin terus-menerus berada di atas normal.

“Pada dasarnya, ini seperti berada dalam mode siaga 24/7 tanpa alasan yang jelas. Tubuh tidak ingin tertidur ketika berpikir ia dalam bahaya dan perlu bergerak cukup cepat,” kata Hunt.

Jika kondisinya sudah amat parah, ia menyarankan berkonsultasi dengan dokter. Sebagai penanganan mandiri, lakukan kebiasaan santai sebelum tidur seperti menghitung mundur atau mandi air hangat.

Cobalah untuk tidak berolahraga tiga jam sebelum waktu tidur, juga hindari makan berat dan minum kafein. Tenangkan pikiran dengan bernapas dalam-dalam dan mendengarkan embusannya perlahan.


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.