Pelajar Indonesia Raih Medali Emas Dan Perak Serta Honorable Mention Di APhO Ke-18

Tujuh Pelajar Indonesia Meraih Prestasi pada Olimpiade Fisika di Rusia

INSPIRADATA. Tujuh pelajar Indonesia mengharumkan nama bangsa dalam ajang Olimpiade Fisika Asia (APhO) ke-18 di Yakutsk, Rusia. Dua pelajar meraih medali emas dan perak, lima lainnya diganjar honorable mention atau setara juara III dalam lomba yang berlangsung 1 hingga 9 Mei 2017 itu. Demikian disitat dari Dream, Jumat (12/5/2017).

Dikutip dari laman Russia Beyond the Headlines, medali emas disumbangkan oleh Gerry Windiarto Mohamad Dunda dari SMA MH Thamrin Jakarta. Sementera Ferris Prima Nugraha dari SMAK Penabur Gading Serpong menyumbangkan medali perak.

Lima pelajar lain yang menerima honorable mention adalah Faizal Husmi dari SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan, Andrew Wijaya dari SMA St Angela Bandung, Johanes Suhardjo dari SMAK Frateran Surabaya, Bonfilio Nainggolan dari SMAN 8 Jakarta, dan Irfan Zaky Harlen dari SMAN 8 Jakarta.

Sekretaris Jenderal APhO, Hendra Kwee, mengatakan, generasi Indonesia punya potensi yang sangat besar di bidang sains. Sayangnya, mereka banyak terkendala fasilitas.

Menurut dia, kebanyakan sekolah di Indonesia, terutama di daerah-daerah, tak punya sarana belajar yang memadai. Kondisi ini jauh berbeda dengan sekolah-sekolah di kota besar.

“Akibatnya, siswa-siswa yang menonjol kebanyakan berasal dari kota-kota besar,” ujar Hendra, dikutip sebagaimana dari Russia Beyond the Headlines, Jumat 12 Mei 2017.

Hendra pun mendorong adanya sinergisitas antara pemerintah dan pelbagai pihak untuk semakin meningkatkan kualitas pendidikan. Lebih penting lagi, semua pihak berwenang harus memastikan akses pendidikan dapat dirasakan para generasi muda Indonesia secara merata.

APhO ini diselenggarakan oleh Institut Fisika dan Teknologi Moskow. Sebanyak 23 negara berpartisipasi di ajang ini. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *