Stadion Turki, Turkey vs Greece

Turki Kerahkan Para Remaja untuk Ramaikan Kegiatan Cinta Membaca

2 ribu pelajar berkumpul pada Sabtu (04/11/2017) di satu stadion di Provinsi Batman, Turki sambil membawa buku untuk mendorong kecintaan membaca di kalangan remaja.

Dilaporkan Daily Sabah, formasi bentuk kata “oku” – bahasa Turki – berarti “baca”, dibentuk oleh para pelajar Turki di lapangan untuk memperlihatkan “kegiatan membaca di mana-mana”.

Kegiatan tersebut -yang dihadiri oleh ribuan guru dan siswa- dilancarkan oleh Pemerintah Gubernur Kota Batman sebagai bagian dari satu proyek untuk mendorong keterlibatan siswa dalam membaca dan kegiatan melek huruf.

Osman Biici, Gubernur Provinsi Batman, menyoroti pentingnya membaca dalam meningkatkan individu yang kuat dan terdidik di masyarakat, demikian laporan Xinhua.

Satu laporan Bank Dunia belum lama ini memperlihatkan rata-rata orang Turki yang berusia 15 tahun berada di bawah rata-rata sebaya mereka di Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) dalam hal membaca, matematika dan ilmu pengetahuan.

Menurut laporan Program for International Student Assessment (PISA) 2015, sebanyak 15 persen anak kecil di Turki kekurangan keterampilan yang paling dasar.

Dari 70 negara pada 2015, Turki menempati posisi ke-49 dalam bidang matematik, ke-50 di sektor membaca dan ke-52 dalam ilmu pengetahuan. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *