turki suriah, Turki, Teladan Terbaik yang Membantu Pengungsi Suriah
Unik, Informatif , Inspiratif

Turki, Teladan Terbaik yang Membantu Pengungsi Suriah

0

“Turki adalah teladan terbaik yang membantu para pengungsi Suriah.”

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kepresidenan Turki untuk Orang-orang Turki di Luar Negeri (YTB) dalam sebuah acara di markas besar PBB di New York Abdullah Eren.

Menurut dia, Ankara telah menanggapi krisis Suriah dengan “kebijakan pintu terbuka” sehingga mampu membantu jutaan orang untuk tetap bertahan hidup.

BACA JUGA: Benarkah Konflik di Suriah- Irak Segera Berakhir? (bagian 1)

“Tujuan kami adalah tidak akan menelantarkan siapapun termasuk orang tua, anak muda, penyandang disabilitas, perempuan, dan anak-anak,” kata Eren, lansir Anadolu, Jumat (15/2/2019).

“Saya juga harus menekankan bahwa Turki menangani masalah ini dengan sumber daya dan upaya besar meskipun dalam situasi yang relatif kacau mengingat adanya upaya kudeta dan ancaman lain terhadap keamanan nasionalnya,” tambah dia.

Kudeta dan politik

Eren merujuk pada upaya kudeta di Turki yang didalangi oleh Organisasi Teroris Fetullah (FETO) yang menyebabkan 251 orang tewas dan 2.200 lainnya luka-luka dan menimbulkan ancaman keamanan di perbatasannya dengan Suriah.

Dia juga menegaskan bahwa upaya Turki untuk menampung jutaan warga Suriah yang sebenarnya bukan bagian dari kampanye politik atau instrumen pemerintah Turki.

BACA JUGA: 40 Ribu-an Warga Suriah Telah Kembali dari Turki

“Turki telah menunjukkan upaya luar biasa di tingkat nasional dan internasional dan menjadi teladan terbaik dalam hal pengembangan populasi Suriah yang tinggal di Turki,” kata dia.

Turki menampung pengungsi Suriah paling banyak daripada negara lainnya di dunia.

Turki menghabiskan lebih dari USD30 miliar dari anggarannya sendiri untuk membantu dan melindungi para pengungsi sejak awal perang Suriah meletus. []

SUMBER: ANADOLU


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.