hotel syariah jakarta
Sandiaga Uno

Tutup Alexis, Jakarta Bakal Buat Hotel Syariah

Provinsi DKI Jakarta akan membuat program ‘Halal Tourism’ seperti negara-negara lain di Benua Asia. Hal ini tak lain untuk menarik minat para wisatawan.

Untuk membahas hal tersebut, pada Kamis (2/11/17), Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menerima Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta yang dipimpin Reza Artha.

Sandiaga mengatakan, Reza Artha memberikan beberapa masukan mengenai ‘Halal Tourism’ dan rencananya menggagas beberapa kegiatan berkaitan dengan program tersebut.

“Salah satu kegiatannya membantu Pemprov DKI,” tutur Sandiaga, seperti dikutip Tribunnews, Kamis (2/11/17).

Bersama dengan gerakan Oke Oce, tambah sandi, Masyarakat Ekonomi Syariah DKI Jakarta juga ingin mendorong timbulnya kegiatan usaha kecil dan menengah (UKM) di bidang perhotelan.

Dia menjelaskan, bidang perhotelan itu berbasis syariah. Hotel seperti itu sedang populer di Bangkok, Kuala Lumpur, Seoul, dan Tokyo.

Untuk menjadikan hotel berbasis syariah, dia mengaku sedang melakukan pendataan di sejumlah hotel.

“Jadi, kita justru ingin pastikan Jakarta tidak ketingalan. Ini lagi didata, tadi beberapa yang sudah saya kunjungi langsung di (Hotel) Sofyan Tebet maupun Menteng. Dan ada beberapa hotel di wilayah Jakarta Timur,” kata Sandiaga.

Sementara itu, menurut Reza Artha, hotel konvensional berbeda dengan hotel syariah. Salah satu perbedaan menyangkut kegiatan operasional dan manajemen.

“Perbedaan ada di operasional dan manajemen. Artinya dalam operasional mengetengahkan pola atau aturan yang sesuai syariah,” tambah Reza.

Kebijakan mengedepankan ‘Halal Tourism’ dibuat menyusul ditutupnya Hotel dan Griya Pijat Alexis. Tempat-tempat hiburan malam serupa juga tidak akan diberikan izin operasional. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *