Unik, Informatif , Inspiratif

UAS Ajak Orang Tua Hijrah Pendidikan Anak

0 14

Ustaz Abdul Somad (UAS) mengajak para orang tua melakukan hijrah pendidikan untuk anak-anaknya.

Hijrah pendidikan artinya memindahkan dari sekolah konvensional atau umum ke sekolah pendidikan Islam.

BACA JUGA: UAS Akhirnya Bongkar Gangguan Penyebab Ceramahnya Batal

“Hijrah penting pendidikan, yang selama ini sekolahnya konvensional, pendidikan umum, pindahkan anak ke sekolah yang full day Islam,” kata Ustaz Somad dalam kegiatan Tabligh Akbar di Masjid Al Al A’zhom, Tangerang, Jumat (28/9/2018) lansir Republika.

Sebab, ia mengatakan bahwa sekolah yang mengajarkan pendidikan Islam memiliki lima pelajaran agama. Tentu saja pelajaran tersebut membuat anak memahami dan mengerti tentang akhlak, Alquran, fiqih, bahasa Arab, sejarah Islam.

Pelajaran umum pun penting

Kendati demikian, Ustaz Somad tidak membenarkan anggapan yang memandang pelajaran seperti, matematika, fisika, kimia, bahasa Inggris tidak penting. Ia menekankan, pelajaran seperti bahasa Inggris sangat penting.

Sebab, anak-anak yang mahir berbahasa Inggris bisa menerjemahkan ceramah ulama Indonesia ke bahasa Inggris.

Ia mencontohkan, selama ini hanya warga negara Indonesia, Malaysia, sebagian Brunei Darusalam, sebagian Singapura yang memahami ceramah berbahasa Indonesia dari Ustaz Somad. Karena itu, generasi muda yang mahir berhasa Inggris bisa menerjemahkan ceramah tersebut dalam bahasa internasional.

Bahasa, alat luar biasa

Ia menganggap bahasa adalah alat yang luar biasa dalam kehidupan. Rasulullah SAW pernah meminta sahabatnya agar belajar bahasa Yahudi. Salah satu alasannya, karena saat itu Nabi Muhammad SAW kerab diolok-olok menggunakan bahasa Yahudi.

“Nabi perintahkan sahabatnya Zaid bin Tsabit belajar bahasa Yahudi. Karena itu, jika ada orang asing mendapat hidayah, bukan karena ceramah Ustaz Somad, tapi bahasa Inggris,” ujar dia.

Ustaz Somad mengingatkan anak adalah amanah dari Allah SWT. Karena itu, orang tua tidak boleh menyia-nyiakannya

BACA JUGA: UAS Dapat Anugerah Gelar Doktor Honoris Causa?

“Silakan bekali dengan pendidikan. Kelak mereka yang akan memohonkan ampun atas dosa orang tua pada Allah SWT,” kata Ustaz Somad.

Ia mengatakan, menyanyangi anak belum tentu bisa mendidiknya. Menyayangi anak bisa dilakukan dengan memenuhi semua kebutuhannya. Sementara mendidik bisa dilakukan dengan mengajarkan Iqra dan Alquran. []

SUMBER: REPUBLIKA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline