Unik, Informatif , Inspiratif

UI Masuk Top 100 Ranking Universitas Negara Berkembang

0

Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) merilis daftar Emerging Economies University Rankings 2019 melalui laman https://www.timeshighereducation.com.

Di dalamnya, Universitas Indonesia (UI) ditempatkan di peringkat ke-82 bersama Beijing Institute of Technology.

BACA JUGA: Dituding Pekerjakan Paksa Mahasiswa Indonesia, Ini Tanggapan Pihak Universitas Hsin Wu

UI menjadi satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang masuk Top 100 Emerging Economies University Ranking. Pemeringkatan dilakukan terhadap 442 perguruan tinggi dari 43 negara berkembang di dunia berdasarkan performa pengajaran, penelitian, transfer dan sebaran keilmuan, serta cakupan internasional sebuah universitas.

“Dengan prestasi ini, diharapkan, nama baik pendidikan di Indonesia dapat terus dikenal oleh masyarakat dunia sehingga bertambah banyak jumlah mahasiswa asing yang ingin menikmati perkuliahan di negeri ini,” ujar Rektor UI, Muhammad Anis, melalui siaran pers, Rabu (23/1/2019).

Anis menambahkan, penilaian dan pemeringkatan itu menunjukkan performa UI yang juga meningkat. UI, kata dia, tengah fokus meningkatkan kapasitas dan kualitas riset serta inovasi dan pengabdian masyarakat. “Selain itu, UI sedang berlari memperluas network dengan kampus-kampus di Asia, Eropa dan benua lainnya,” kata Anis.

Peringkat pertama hingga keempat dalam Emerging Economies University Ranking tahun ini didominasi perguruan tinggi dari Cina. Mereka berturut-turut adalah Tsinghua University, Peking University, Zhejiang University, dan University of Science and Technology of China.

BACA JUGA: Wah, Ternyata Ini Pendiri Universitas Pertama di Dunia

Negara tetangga, Malaysia, lebih baik daripada Indonesia karena berhasil memasukkan tiga universitasnya dalam Top 100.

Ketiganya adalah University of Malaya (18), Universiti Teknologi Petronas (60), dan Universiti Teknologi Malaysia (86). Malaysia bersama Mesir bahkan mendapat catatan khusus sebagai negara yang memiliki kemajuan cepat dalam dunia pendidikan tingginya. []

SUMBER: TEMPO


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline