manusia langka
Foto: developyourqi.com

Unik, 7 Hal Ini Hanya Bisa Dilakukan oleh Manusia ‘Langka’

Kemampuan manusia itu berbeda-beda dan unik. Ada yang berkemampuan spesial yang dimiliki seseorang karena kelainan. Kelainan ini lebih bisa dikatakan keunikan.

Di bawah ini  ada 7 kemampuan unik segelintir orang yang tidak bisa dilakukan oleh orang banyak yang dikutip dari idntimes.com.

1. Menggerakkan mata satu sama lain secara terpisah
Manusia memiliki sesuatu yang disebut penglihatan binokular, yang artinya kedua mata bergerak dalam gerakan yang sama. Ternyata sangat sedikit orang bisa menggerakkan masing-masing matanya secara terpisah. Ini merupakan keahlian yang tercatat dalam gen dan bisa diturunkan. Namun ini bisa dilatih, walau dengan risiko akan mengalami sakit kepala di percobaan-percobaan pertama.

2. Membuka mata saat bersin
Ada yang bilang bahwa jika kamu berusaha membuka mata saat bersin, maka bola matamu akan copot. Padahal tidak begitu, itu karena hanya sedikit sekali orang yang bisa tetap membuka mata saat bersin. Ini karena hidung dan mata kita terhubung dengan syaraf khusus yang membuat itu terjadi. Bagi orang beruntung yang tetap bisa melek saat bersin, itu karena ada kelainan kondisi pada syaraf tersebut.

3. Menggoyang-goyangkan telingamu
Hanya 10-20% populasi yang mampu melakukannya. Untuk melakukannya perlu kelenturan otot Auricularis anterior. Ini dianggap gak biasa di manusia, tapi sangat mudah dilakukan oleh hewan untuk mendeteksi sumber suara. Dulunya berguna bagi nenek moyang kita di alam liar, tapi kemampuan tersebut semakin melemah karena sudah gak dibutuhkan lagi. Mengingat suara lebih mudah terdengar karena pantulan gedung-gedung.

4. Menjilat sikut dengan lidah
Banyak yang bilang bahwa ini mustahil dilakukan. Padahal bisa dilakukan lho, walaupun hanya oleh 1% dari total populasi. Para peneliti menyimpulkan bahwa mereka yang bisa melakukannya memang terlahir dengan lidah yang lebih panjang dari kebanyakan orang.

5. Menggoyang-goyangkan alismu secara berirama/bergelombang
Banyak orang berusaha melakukan ini sejak dulu ketika beberapa selebritis mampu melakukannya. Menurut para peneliti, ini salah satu bentuk evolusi manusia lainnya. Namun kemampuan ini bisa dilatih.

6. Menekuk jari kelingkingmu tanpa menekuk jari manismu
Coba tekuk jari-jari tanganmu satu demi satu mulai dari jempol sampai kelingking. Kemungkinan besar kamu akan kesulitan menekuk jari kelingking tanpa jari manismu juga ikut menekuk. Ini karena jari kelingking dan jari manismu terhubung pada jaringan otot yang sama. Namun menggerakkan jari manis secara individu sangat bisa dilatih, terutama jika kamu memang berniat untuk menjadi pianis profesional.

7. Mengedutkan hidungmu
Dulu kemampuan ini dikenal bisa dilakukan oleh penyihir berhidung panjang, karena gak banyak orang bisa melakukannya. Ternyata ada beberapa bagian populasi yang bisa, mungkin termasuk kamu. Kemampuan ini bisa menunjukkan kelainan syaraf atau pola makan yang bermasalah.

Di antara semua kemampuan langka di atas, mana yang bisa kamu lakukan? Kalau kamu bisa melakukannya satu saja, kamu sudah termasuk bagian populasi yang langka. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *