foto: republika

Unik, Gaun Sampah Ini Disulap Cantik oleh Pelajar Kota Kembang

foto: republika

INSPIRADATA. Ide unik dan kreatif tak hanya berasal dari kalangan mahasiswa saja. Sejumlah siswa MTs di Kota Bandung, memperlihatkan ide kreatifnya di acara Hari Peduli Sampah Nasional 2017, yang digelar di Balai Kota Bandung, Selasa (21/2/2017).

Lantas apa ide kreatif yang diusung oleh siswa MTs ini?

Pelajar MTs Negeri 2 Kota Bandung tersebut, membuat karya gaun-gaun indah dari limbah sampah.

Menurut Khairunnisa Yunia, salah satu siswi kelas 2 MTsN 2 Bandung pembuat gaun dari sampah, ia bersama lima orang teman-temannya membuat pakaian unik dari limbah sampah terinspirasi dari majalah dan internet. Mereka kemudian membuat gaun daur ulang dari limbah sampah yang dikreasikan sehingga menjadi gaun yang cantik.

Gaun karya Khairunnisa dan teman-temannya terbuat dari sampah bungkus kopi, bekas sedotan, bekas tutup botol, bekas bungkus buah-buahan, kantong plastik bekas, busa sandal juga sendok plastik bekas. Selama dua pekan, mereka membuat pakaian tersebut.

“Ini ditempel-tempel saja, ada yang dijahit juga. Inspirasinya dari mana-mana, dari majalah dan internet,” ujar Khairunnisa dilansir Republika, Selasa (21/2/2017).

Selain Khairunnisa, ada juga Julfi. Julfi yang juga siswi MTs Negeri 2 Kota Bandung membuat baju dari tali rafia dan bekas koran. Julfi hanya membuat pakaian daur ulang itu selama satu pekan.

“Ini bikin sendiri, cuma seminggu saja. Idenya dari mana saja, terinspirasi dari khayalan-khayalan saya,” ujar Julfi.

Berkait ide kreatif Khairunissa dan teman-temannya itu, akhirnya mereka berhasil meraih kemenangan dari lomba fashion show pakaian daur ulang tersebut.

Mereka berhasil menyabet gelar juara satu. Khairunnisa dan teman-temannya pun di undang ke Balai Kota Bandung untuk menerima hadiah dari Pemkot Bandung.

Wah, hebat ya generasi muda di Bandung. Semoga ide kreatif seperti yang ditawarkan mereka bisa menular pada generasi-generasi muda lainnya. []


Artikel Terkait :

About Irah Wati

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *