jamur jari iblis, Unik, Inilah Jamur Jari Iblis
Unik, Informatif , Inspiratif

Unik, Inilah Jamur Jari Iblis

0

Jamur atau cendawan adalah tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof. Jamur ada yang uniseluler dan multiseluler. Tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa. Hifa dapat membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium.

Dikutip dari fungi.com, Jamur yang dijuluki sebagai ‘Jari Iblis’ ini merupakan jamur asli dari Australia dan Selandia Baru. Jamur jenis ini biasanya bisa ditemukan di tengah hutan.

Jamur yang cukup langka ini berbentuk bulat-bulat putih seperti telur dan seperti ada cairan atau agar-agar di dalamnya.

BACA JUGA: Kopi Jamur, selain Nikmat Juga Sehat!

Ketika tumbuh, jamur akan membuka dan mengeluarkan bagian tubuh jamur yang berbentuk seperti jari tangan lengkap dengan cairan merah seperti darah.

Jari-jari jamur berbentuk ramping ini biasanya sebanyak 4 hingga 7 ruas. Selain itu, jamur ini mempunyai bau yang cukup busuk dan seperti ada darah merah yang keluar dari dalamnya. Perlu diketahui, bentuk jari dan bau busuk ini sebenarnya untuk menarik serangga.

BACA JUGA: Tak Hanya Pakai Obat Khusus, Jamur Kulit Pun Bisa Diatasi Barang di Rumah

Menariknya serangga ini akan membuat jamur bisa memproduksi spora berharga di tubuhnya. Dengan begitu, jamur itu pun bisa kembali tumbuh suatu saat nanti.

Jari-jari pada jamur akan ditutupi oleh massa kecil yang disebut spora Gleba. Meskipun dari jauh terlihat indah, jika didekati, baunya akan sangat menyengat. []

Sumber: Biodiversity Autralia Country


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.