Operasi Zebra Pubalingga (foto: Kompas)

Unik, Operasi Zebra di Purbalingga Loloskan Pelaku Tilang, Asal Tebak Foto Pahlawan

Siang tadi, Jum’at (10/11/2017) ada yang berbeda dari aktivitas Operasi Zebra Satuan Lalu Lintas Polres Purbalingga, Jawa Tengah. Para pelanggar lalu lintas akan diberi kesempatan lolos dari sanksi tilang, jika bisa menebak nama dari gambar wajah pahlawan nasional yang ditunjukkan polisi dengan benar.

“Jadi bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November, kami memberikan toleransi berupa sanksi teguran bagi para pelanggar, dengan syarat bisa menebak nama foto pahlawan yang ditunjukkan oleh petugas,” kata Kepala Bagian Operasional Polres Purbalingga, Ajun Komisaris Herman Setiyono, lansir Kompas. 

Petugas dari Satlantas Polres Purbalingga menunjukkan gambar wajah pahlawan nasional untuk ditebak oleh para pelanggar dalam operasi zebra, Jumat (10/11/2017).

Dari pantauan Kompas.com, tidak sedikit dari para pelanggar yang didominasi oleh generasi milenial itu tidak mengenal sama sekali beberapa nama para pahlawan yang ditunjukkan. Satu-satunya pahlawan yang paling populer di ingatan para pelanggar yakni Patimura.

“Paling hapal Patimura, karena ada di uang Rp 1.000, jadi sering dilihat,” kata Sigit Nurmiyanto, salah satu pelanggar lalu lintas yang terjaring razia.

Meski demikian, Herman menambahkan, polisi memberikan semacam qlue (petunjuk) untuk mengingatkan pelanggar akan jasa para pahlawan nasional dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Adapun gambar wajah pahlawan nasional yang dibawa petugas sebagian besar masuk ke materi pelajaran sejarah di sekolah. Gambar pahlawan itu meliputi Patimura, Imam Bonjol, Sisingamangaraja, WR Supratman, Ki Hadjar Dewantoro, Cut Nyak Din, hingga Dewi Sartika.

Dalam operasi yang berlangsung sekitar 30 menit itu polisi akhirnya tetap menilang lima orang pelanggar karena tidak dapat mengenal satupun nama pahlawan nasional.


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *