india, Universitas di India Buka Studi untuk Pelajari Penyakit Akibat Gangguan Hantu
Unik, Informatif , Inspiratif

Universitas di India Buka Studi untuk Pelajari Penyakit Akibat Gangguan Hantu

0

PENYAKIT akibat gangguan supranatural seperti santet atau karena gangguan hantu sudah dipercaya banyak orang di dunia sejak lama. Namun hal tersebut masih bersifat ‘kepercayaan’ dan belum ada pembahasan secara ilmiah terkait hal-hal gaib tersebut.

Namun, kini ada jalur akademis untuk mempelajari suprantural, termasuk penyakit akibat gangguan hantu. Banaras Hindu University (BHU) di India resmi membuka kursus Bhoot Vidya atau sains paranormal selama enam bulan dengan sertifikasi kelulusan.

BACA JUGA: Awas Hati-hati, Empat Hal Ini Bisa Jadi Penghalang Rezeki

Menurut Khaleej Times, Ahad (29/12/2019), Bhoot Vidya pada dasarnya adalah psikoterapi dan dalam kursus sertifikat enam bulan, para dokter akan diajarkan tentang pengobatan dan psikoterapi untuk mengobati gangguan psikosomatik dan kondisi psikologis abnormal yang disebabkan oleh alasan yang tidak diketahui, dan yang banyak dianggap sebagai Bhoot (hantu).

Kelas pertama akan dimulai dari Januari dan akan dilakukan oleh fakultas Ayurveda.

Obat untuk gangguan psikosomatis dan penyakit yang disebabkan oleh hantu akan diajarkan kepada dokter yang memegang gelar Sarjana Kedokteran dan Bedah Ayurvedic (BAMS) dan pemegang gelar Sarjana Kedokteran dan Sarjana Bedah (MBBS).

“Unit terpisah Bhoot Vidya telah dibuat di fakultas Ayurveda untuk memberikan pendidikan formal kepada dokter tentang cabang. Ini berkaitan dengan pengobatan Ayurvedic untuk mengobati penyakit terkait hantu dan gangguan psikosomatik,” ungkap Yamini Bhushan Tripathi, dekan fakultas Ayurveda UBH.

Tripathi mengatakan Bhoot Vidya adalah salah satu dari delapan cabang dasar dari Ashtanga Ayurveda. Ini terutama berkaitan dengan gangguan psikosomatis, penyakit yang disebabkan oleh alasan yang tidak diketahui dan penyakit pikiran atau kondisi psikis. Fakultas Ayurveda di BHU adalah yang pertama di India yang membuat unit terpisah Bhoot Vidya dan rancang kursus sertifikat tentang masalah ini.

BACA JUGA: Jangan Abaikan, Kuman di Mulut Sebabkan Penyakit Berbahaya

Upaya untuk mendirikan unit akademik terpisah untuk cabang Ayurveda ini dimulai enam bulan yang lalu. Proposal ini disusun setelah pertemuan kepala semua 16 departemen di fakultas yang memberikan izin.

Proposal itu kemudian dikirim ke dewan akademik universitas, yang menyetujui unit terpisah dan kursus sertifikat di salah satu cabang dasar Ashtanga Ayurveda.

Ahli Ayurveda Vaidya Sushil Kumar Dubey, associate professor di fakultas, mengatakan unit baru ini akan membantu dalam mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan penyakit gangguan hantu atau Bhoot Vidya, yang menangani gangguan psikologis dan kondisi psikosomatik abnormal dengan cara Ayurvedic. []

SUMBER: TEMPO


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.