Perempuan Arab Mengemudi (foto: Postkota news)

Universitas di Saudi Akan Buka Kelas Mengemudi untuk Perempuan

Sebuah universitas di Arab Saudi menyatakan, akan membuka kelas mengemudi bagi perempuan setelah larangan mengemudi bagi para perempuan di kerajaan secara konservatif tersebut, dicabut.

“Universitas Putri Nourah sedang melakukan persiapan untuk membentuk sekolah mengemudi bekerja sama dengan otoritas terkait” menurut pernyataan universitas, lansir AFP Ahad (01/10/2017).

“Ini merupakan pengumuman (pembukaan kelas mengemudi) pertama menyusul perintah Raja Salman pekan ini untuk mengizinkan perempuan mengemudi,” menurut universitas.

Arab Saudi pada Selasa pekan lalu, mengumumkan akan mengizinkan perempuan mengemudi sesuai dengan dekret kerajaan yang mulai berlaku Juni tahun depan, memicu euforia dan mengejutkan para aktivis yang selama ini memperjuangkan hak-hak kaum hawa untuk mengemudi.

Arab Saudi merupakan satu-satunya negara di dunia yang melarang perempuan mengemudi.

Universitas Putri Nourah menyatakan memiliki lebih dari 60 ribu mahasiswi di Riyadh dan sejumlah kota lain.

Keputusan Selasa diharapkan bisa mendorong para perempuan memasuki angkatan kerja dan meningkatkan penjualan mobil, khususnya pada bulan-bulan mendatang sebelum penerapan pajak pertambahan nilai diberlakukan pada Januari 2018.

Para pembuat mobil seperti Nissan, Chevrolet dan Ford segera memberikan selamat kepada para perempuan Arab Saudi, mengingat jutaan perempuan diperkirakan akan berkendara di jalanan kerajaan itu dalam tahun-tahun mendatang. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *