Untuk Anda yang Punya Pekerjaan Berlaptop

pekerjaan berlaptop
pekerjaan berlaptop (foto: freepik)

INSPIRADATA. Perkembangan teknologi, melahirkan laptop, komputer portabel yang dapat dibawa kemanapun dan kapanpun selama itu memungkinkan apalagi untuk pekerjaan berlaptop. Tapi seyogiayanya, para pengguna perhatikan ketika hendak memakainya.

Bahkan banyak terberitakan mengenai keburukan mengenai hal pemakaiana laptop atau komputer sendiri. Tapi, berikut ada beberapa cara penggunaan laptop yang baik dan benar:

1. Atur posisi duduk yang tepat

Hal terpenting selanjutnya, yaitu posisi duduk. Diusahakan untuk penggunaan laptop dengan posisi duduk senyaman dan seaman mungkin.

Mengatur jarak pandang mata, jangan terlalu jauh dan terlalu dekat, dianjurkan sekitar 50-100 cm jarak pandang anda, duduk dengan posisi tegap, pandangan lurus, laptop jangan sambil dipangku, serta penggunaan mouse juga dianjurkan karena dapat mempermudah pekerjaan.

2. Istirahatkan mata dan sering berkedip

Mata adalah organ tubuh yang paling vital, mata memerlukan istirahat juga. Seringlah memejamkan mata walau dalam waktu sebentar dan jangan lupa kedipkan mata agar mata tidak pegal, kering dan gatal. Sesekali rubahlah arah pandang Anda.

3. Sesuaikan Kecerahan layar laptop ketika bekerja

Bagi penggunanya, hendaknya men-setting terlebih dahulu kecerahan monitor. Layar monitor yang menyala terlalu terang, selain cepat menghabiskan baterai juga dapat menyebabkan mata cepa lelah dan pegal.

4. Seringlah minum air

Sediakan air minum botol atau wadah apapun di samping, sering minum dalam rentang waktu tertentu dapat memaksa kita untuk pergi ke kamar mandi dan buang air, sehingga secara otomatis kita akan melakukan beberapa gerakan di atas.

Dari beberapa tips di atas, mungkin Anda dapat menemukan hal-hal tersendiri yang dapat menjadi solusi berikutnya. Sekian.

5. Lakukan gerakan peregangan

ketika bekerja dengan laptop dalam waktu lama, tanpa disadari otot tertentu mengalami penegangan. Cara menetralisirnya, kita bisa sering meregangkan otot sesekali, gerakkan badan untuk berdiri sejenak, menggeliat ke kanan dan kiri dirasa ckup untuk mengatasi ketegangan otot-otot[]

Sumber: opencomputinginstitute


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *