Unik, Informatif , Inspiratif

Usaha Mangkir dari Hukuman di China Ini Sewa Orang Lain

0

Usaha mangkir dari hukuman seringkali dilakukan oleh para elit politik yang terjerat kasus. Di Indonesia ataupun di dunia.

Mulai dari alasan pura-pura sakit, amnesia, gila hingga pergi keluar negeri pun semua dilakukan. Tujuannya hanya satu, lari dari pertanggungjawaban dalam melakukan tindak kejahatan.

BACA JUGA: MUI: Politikus Jangan Singgung Isu SARA dalam Kampanye

Di China, ternyata ada sebuah praktik mangkir hukum tidak biasa yang pernah dilakukan. Aksi ini bernama Ding Zui di mana seseorang digantikan orang lain untuk menerima hukuman. Lalu seperti apa fenomena ini dan bagaimana bisa? Simak ulasan berikut ini.

Umumnya orang-orang yang melakukan tindak kejahatan harus membayar apa yang dilakukannya sesuai dengan proses hukum. Entah itu berupa penjara atau pun hukuman lainnya semua mesti dijalani. Namun bagaimana kalau mereka digantikan oleh orang lain?

Ding Zui

Ya, itulah Ding Zui atau juga sering disebut sebagai Subtitute Criminal. Mereka yang terbukti bersalah dan akan mendapatkan hukuman bisa dengan mudah lolos dengan cara menyewa orang lain untuk menggantikannya di penjara.

Namun, ada syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah kemiripan di antara keduanya. Praktik ini sendiri sudah lama diketahui dan dilakukan oleh beberapa elit serta orang kaya di China sana.

Namun demikian, orang sembarangan akan sulit jika mencoba praktik lolos dari hukum yang satu ini. Pasalnya ada beberapa hal yang membuatnya tak bisa dilakukan oleh semua orang. Salah satunya adalah tentu saja uang.

BACA JUGA: Sedekah Tak Gunakan Uang, Bolehkah?

Ya, untuk meminta seseorang menggantikan posisi di penjara tentunya butuh uang luar biasa banyak untuk membayarnya.

Tak sampai di situ, hal lain yang juga dibutuhkan apalagi kalau bukan jabatan dan pengaruh. Pasalnya pastinya akan sangat banyak orang yang sebenarnya mengetahui hal ini dan tentu dibutuhkan orang berpengaruh agar bisa menutupi semuanya sehingga tampak tak ada yang terjadi. []

SUMBER: BOOMBASTIS


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline