Presiden Jokowi

Usai Menerima Kunjungan Presiden Cile, Jokowi Langsung Melantik Lima Gubernur

INSPIRADATA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan akan menyambut kedatangan Presiden Republika Cile Veronica Michelle Bachelet di Istana Merdeka, Jumat (12/5) pagi. Selain itu, hari ini, Jokowi juga akan melantik lima pasangan gubernur dan wakil gubernur yang terpilih dalam Pilkada Serentak 2017. Demikian disitat dari Republika, Jumat (12/5/2017).

Berdasarkan informasi dari Biro Humas Istana Negara, dalam acara ini nantinya juga akan ada pertemuan bilateral dan penandatanganan nota kesepahaman antara dua negara. Kemudian pada pukul 13.30, Presiden Jokowi akan melakukan jamuan makan siang bersama Presiden Michelle Bachelet.

‎Pada sore hari pukul 15.30 WIB, Jokowi diagendakan untuk melakukan penyerahan petikan keputusan Presiden kepada masing-masing Calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih‎. Pada pukul 16.00 WIB barulah para Gubernur dan Wakil Gubernur ini dilantik secara resmi oleh Presiden Jokowi.

‎Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi), akan melantik lima pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur hasil Pilkada Serentak 2017.

Lima pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur tersebut yakni Wahidin Halim-Andika Hazrumy (Banten), Rusli Habibie-Idris Rahim (Gorontalo), Dominggus Mandacan-Muhammad Lakotani (Papua Barat), Ali Baal Masdar-Enny Anggraeny Anwar (Sulawesi Barat) dan Erzaldi Rosman Djohan-Abdul Fatah (Kepulauan Bangka Belitung).

Menurut Tjahjo, pelantikan tujuh pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur di Istana Negara pada Jumat merupakan pelantikan tahap pertama. Selain melantik lima pasangan pemimpin daerah baru, besok Presiden juga akan melantik Wakil Gubernur Riau terpilih Wan Thamrin Hasyim. Wan Thamrin akan mendampingi Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman yang menggantikan Gubernur sebelumnya, Annas Maamun yang terjerat kasus korupsi alih fungsi lahan.

Tjahjo melanjutkan, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Periode kedua akan digelar pada Juli. Sementara itu, pelantikan periode ketiga dijadwalkan pada Oktober mendatang.

“Periode kedua akan melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, sementara periode ketiga akan melantik Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta,” tambah Tjahjo. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *