Unik, Informatif , Inspiratif

Usia Berapa Anak Boleh Minum Kopi?

0

Kopi menjadi salah satu minuman dengan kandungan kafein tertinggi. Dalam secangkir kopi, kira-kira mengandung 95 miligram kafein. Untuk anak-anak sendiri dianjurkan tidak boleh mengonsumsi kafein lebih dari 45 miligram dalam satu hari.

Nah, berarti secangkir kopi saja sudah melebihi kadar kafein yang boleh dikonsumsi anak dalam sehari. Sementara, kafein tidak hanya terdapat dalam kopi saja, di makanan lain pun bisa jadi ada.

BACA JUGA: Fakta Unik Tentang Kopi, Apa Saja?

Lalu, umur berapa anak boleh minum kopi?

Umumnya, belum ada standar resmi dari badan kesehatan untuk mengetahui mulai usia berapa anak boleh minum kopi. Namun, American Academy of Pediatrics menyarankan bahwa anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein.

Hal itu diputuskan atas pertimbangan risiko yang ditimbulkan kopi bagi anak. Menurut MS, RD, , ahli gizi dan nutrisi dari Amerika Serikat, Andy Bellatti mengatakan jika kopi yang perlu dihindari tak hanya berupa kopi hitam, tetapi juga berbagai jenis minuman berbahan dasar kopi seperti kopi susu, cappuccino, frappuccino, latte, dan sejenisnya.

BACA JUGA: Manfaat Kopi buat Otak Bukan dari Kafeinnya

Akibat belum adanya standar resmi dari badan kesehatan tertentu, banyak orangtua zaman dulu sering memberikan anak atau cucu mereka sesendok atau dua sendok teh kopi setiap hari agar anak tidak mudah step.

Padahal menurut dr. Rifan Fauzie, Sp.A, kabar tersebut masih mitos dan belum pernah ada penelitian yang bisa menjelaskan tentang memberikan kopi ke balita bisa membuat anak tidak step. []

SUMBER: PARENTING


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.