Unik, Informatif , Inspiratif

Usir Nyamuk secara Alami dengan Cara Ini

0

Nyamuk di dalam rumah seringkali mengganggu aktivitas, terutama saat tidur. Parahnya lagi, ada pula nyamuk yang bisa menyebabkan penyakit seperti demam berdarah dan malaria.

Selain itu, ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa seekor nyamuk dapat dengan mudah belajar dan juga mengingat bau dari penghuni rumah. Jadi ini juga salah satu alasan mengapa ada sebagian orang yang disukai oleh nyamuk, dan yang lainnya tidak.

BACA JUGA: Hati-Hati, di Jam Ini Nyamuk Aedes Aegypti Menggigit

Saking menggangu, berbagai upaya dilakukan untuk mengusir binatang kecil yang suka menggigit manusia ini. Salah satunya tampak dari banyaknya produk obat anti nyamuk yang dipasarkan.

Kendati begitu, ada juga lho cara mengusir nyamuk secara alami. Cara ini dipercaya lebih aman bagi kesehatan.  Berikut ini cara alami usir nyamuk di rumah:

Kelambu

cara usir nyamuk, Usir Nyamuk secara Alami dengan Cara Ini
Foto: klamboe.eu

Memasang kelambu di tempat tidur nyatanya cukup efektif untuk mengusir nyamuk. Cara ini juga terbilang praktis dan efisien.

Selain itu, saat ini pun banyak pula model kelambu yang bisa kamu gunakan untuk terhindar dari gigitan nyamuk sekaligus sebagai pemanis tempat tidur.

Kelambu sendiri merupakan kain yang memiliki lubang-lubang kecil rapat serta memiliki sifat jatuh yang tak mudah terbuka pada bagian bawahnya.

Lampu tidur

cara usir nyamuk, Usir Nyamuk secara Alami dengan Cara Ini
Foto: Vaaju

Lampu tidur juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Sebab, bagi sebagian orang, menggunakan lampu tidur bisa membuat tidur semakin nyenyak.

Cara mengusir nyamuk menggunakan lampu tidur ini pun bisa dibilang cukup efektif. Hal itu karena beberapa lampu tidur saat ini pun memiliki fitur aroma pengusir nyamuk. Tentu saja selain membuat ruangan menjadi lebih cantik, bisa membuat tidurmu makin nyenyak karena terhindar dari nyamuk. Lampu tidur yang memiliki fitur aroma pengusir nyamuk ini bisa dijumpai di berbagai e-commerce.

Cat ruangan

cara usir nyamuk, Usir Nyamuk secara Alami dengan Cara Ini
Foto: boxdsg

Ternyata warna cat pada sebuah ruangan juga berpengaruh dalam mengusir nyamuk. Ya, karena nyamuk sendiri lebih senang untuk berada di ruangan gelap. Oleh karena itu sebaiknya hindari menggunakan warna gelap pada cat dinding kamar.

Ada pula beberapa warna yang dipercaya tidak disukai oleh nyamuk. Warna tersebut ialah hijau, putih dan kuning kecoklatan. Warna-warna tersebut bisa diaplikasikan pada dinding kamar guna menghindari nyamuk.

Lilin Serai

cara usir nyamuk, Usir Nyamuk secara Alami dengan Cara Ini
Foto: Todayloka

Cara mengusir nyamuk secara alami lainnya ialah menggunakan lilin serai. Lilin serai ini baik untuk mengusir nyamuk karena merupakan obat nyamuk alami yang telah disetujui oleh para peneliti.

Selain itu, lilin serai ini bisa membuat ruang tidur memiliki aroma segar. Bahkan jika menyalakannya sebelum tidur, lilin serai bisa berfungsi sebagai aroma terapi.

Aroma terapi dipercaya bisa membantu untuk menenangkan pikiran dan juga membuat tidur lebih nyenyak.

Semprotan lavender

cara usir nyamuk, Usir Nyamuk secara Alami dengan Cara Ini
Foto: UpNature

Semprotan lavender bisa dibuatvdari minyak essensial lavender. Minyak essensial dengan aroma lavender sendiri mampu mengusir nyamuk dari tubuhmu.

Selain membantu untuk mengusir nyamuk, minyak essensial juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Minyak essensial lavender jika disemprot atau dioleskan mampu memberikan efek relaksasi.

Bawang putih

cara usir nyamuk, Usir Nyamuk secara Alami dengan Cara Ini
Foto: Unsplash

Cara mengusir nyamuk secara alami lainnya ialah menggunakan bawang putih.  Cara mengusir nyamuk dengan bawang putih sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan mengonsumsinya.

Bagaimana dengan orang yang tidak suka mengkonsumsi bawang putih? Tenang, masih ada cara lain yang bisa ditempuh untuk usir nyamuk.

Cukup rebus bawang putih hingga mendidih. Kemudian tuang air rebusan bawang putih itu ke dalam botol spray. Setelah itu semprotkan pada tempat-tempat yang jadi sarang nyamuk.

 

BACA JUGA: Ternyata Semakin Kering Daun Serai Semakin Ampuh Usir Nyamuk

Mudah bukan? []

 

SUMBER: LIPUTAN6

 


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline